Pelita Hati: 11.08.2018 – Iman Sebesar Biji Sesawi

0
520 views

Bacaan Matius 17:14-20

Kemudian murid-murid Yesus datang dan ketika mereka sendirian dengan Dia, bertanyalah mereka: “Mengapa kami tidak dapat mengusir setan itu?” Ia berkata kepada mereka: “Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, — maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu. (Mat 17:19-20)

IMAN adalah segalanya. Demikianlah kurang lebih makna terdalam dari pelita sabda hari ini. Bahkan Tuhan menambahkan kalau kita memiliki iman sebesar biji sesawi pun kita dapat melakukan perbuatan-perbuatan besar yang digambarkan ‘dapat memindahkan gunung’.  Sebaliknya karena kurang percaya maka rahmat Tuhan tidak bekerja.

Sahabat pelita hati,

Salah satu kekurangan atau kelemahan manusiawi kita adalah rasa tak percaya diri, ragu-ragu. Lebih parah lagi ketika kita sering meragukan kekuatan Tuhan. Seakan-akan Tuhan jauh dan tak ada bersama kita. Ada kesenjangan antara apa yang  diucapkan dalam doa-doa kita dengan sikap hati yang nyata. Bukankah setiap kali kita merayakan ekaristi atau ibadah-ibadah lainnya kita selalu mengucapkan “Tuhan beserta kita, Tuhan sertamu?” Bukankah dalam ekaristi kita juga memberbaharui iman dengan syahadat para rasul “Aku percaya?” Namun mengapa kita masih sering dilanda rasa takut dan tak percaya bahwa Tuhan selalu beserta kita? Semoga pelita sabda kita hari ini mengobarkan kembali semangat hati kita semakin percaya bahwa Tuhan bersama kita. Jangan takut.

Jika hati sudah terasa nyaman,
tak perlu menunda pilihan.
Tanda nyata orang beriman,
percaya pada penyertaan Tuhan.

dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here