Pelita Hati: 13.07.2018 – Roh Tuhan yang Bekerja

0
658 views

Bacaan Matius 10:16-23

Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati. Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga. Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu. (Mat.10:16.19-20)

Sahabat pelita hati,

KINI Tuhan mengajarkan tentang konsekuensi dari seorang murid atau utusan sekaligus keyakinan bahwa Roh selalu menopang kita.

Ada tiga (3) pesan keutamaan yang bisa kita renungkan,

  • Pertama,  Menjadi murid Yesus bukan tanpa tantangan dan kesulitan, bahkan akan menghadapi beragam tantangan dan kesulitan. Tuhan menggambarkan seperti domba yang ada di tengah-tengah serigala. Sebuah pertarungan yang jelas-jelas tak berimbang. Namun situasi semacam ini tak boleh menjadikan kita kendor apalagi mundur.
  • Kedua, menjadi murid Yesus harus tegar, teguh sekaligus bijak yang digambarkan “cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati”. Dibutuhkan sikap bijak dalam bersikap dan bertindak. Tidak terburu-buru mengambil langkah dan tak mengedepankan emosi atau kesenangan diri.
  • Ketiga, jaminan paripurna diberikan oleh Tuhan bagi setiap orang setia dalam tugas panggilan dan perutusan. Apabila ada dalam tantangan dan kesulitan kita tak boleh mundur dan takut. Roh Kudus atau Roh Bapa yang akan memampukan kita menghadapi beragam tantangan kehidupan itu.

Sahabat terkasih,

Jika hari-hari ini kita sedang mengalami pergumulan dan kesulitan dikarenakan kesetiaan kita dalam memperjuangkan  kebaikan dan iman, kita tak perlu takut. Roh Tuhan sendiri yang akan menuntun dan mengarahkan hidup kita. Tetaplah setia dan percaya.

Jika pergi ke pelabuhan,
jangan lupa membeli ikan.
Jika kita hidup dalam Tuhan,
Dia kan menjaga dan menguatakan.

dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here