Pelita Hati: 14.10.2019 – Tak Congkak Hati

0
612 views

Bacaan Lukas 11:29-32

Ketika orang banyak mengerumuni-Nya, berkatalah Yesus: “Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. Sebab seperti Yunus menjadi tanda untuk orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini. Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!” (Luk.11:29-30.32)

Sahabat pelita hati,

TUHAN sedang menegur orang-orang Yahudi yang masih memelihara sikap sombong dan congkaknya. Mereka masih menuntut tanda kepada Tuhan untuk memastikan bahwa Dia sungguh-sungguh Mesias yang dinantikan. Mereka seakan tak mempedulikan seluruh pekerjaan-pekerjaan Tuhan selama ini dengan aneka tindakan mujizat seperti mengusir setan dan membangkitkan seorang muda di Nain. Yesus membandingkan dengan orang-orang Niniwe yang seketika sadar dan bertobat dengan pewartaan Nabi Yunus. 

Sahabat terkasih,

Kita berjumpa dengan dua sikap hati yang bertolak belakang, yakni: orang-orang Yahudi yang congkak,  tak percaya pada Yesus serta tetap meminta tanda dan orang-orang Niniwe yang dengan rendah hati percaya pada warta nabi Yunus dan bertobat. Semoga kita belajar dari sorang-orang Niniwe yang terbuka pada pertobatan melalui nabi Yunus dan  akhirnya mendapat pujian dari Tuhan.

Nampak indah Merbabu-Merapi,
berjajar gagah menarik hati.
Sugeng enjing-selamat pagi,
terimalah salam pelita hati.

dari Merbabu-Merapi,
Berkah Dalem, Rm. Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here