Pelita Hati: 17.05.2018 – Menjadi Satu dalam Perbedaan

0
845 views

Bacaan Yohanes 17:20-26

Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. (Yoh 17:20-21)

Sahabat pelita hati,

KINI kita sampai pada bagian akhir dari Doa Yesus. Ia tidak hanya berdoa bagi para murid atau pengikut-Nya tetapi juga bagi orang-orang yang telah menerima pewartaan dari mereka. Tak terbantahkan bahwa misi Yesus bukan hanya untuk orang-orang Yahudi (Ekslusif) tetapi juga untuk semua orang (inklusif).  Pewartaan dan tindakan mujizat-Nya bukan tertuju kepada sekelompok orang tetapi kepada semua orang. Di saat Yesus harus meninggalkan para murid-Nya secara khusus Ia berdoa bagi mereka dan demi kesatuan umat manusia. Dengan demikian Tuhan ingin agar para murid menjadi saksi bagi dunia dan agar dunia tahu bahwa Allah Bapa telah mengutus-Nya untuk mengasihi semua umat manusia.

Sahabat terkasih,

Kini tugas kita adalah melanjutkan misi Tuhan untuk membangun persatuan dan kebersamaan dengan semua orang tanpa  batas-batas perbedaan. Kita harus menjadi pelopor dalam membangun kebersamaan dan persatuan itu. Caranya?  Kita harus mengedepankan kasih Yesus yang sudah kita terima dan memancarkannya dalam perbuatan kasih kepada sesama. Konon ada ungkapan yang menyatakan: menyatukan perbedaan itu memang susah, tetapi bila berhasil akan menjadi indah. Semoga kita mampu memperjuangkannya sehingga dapat memperindah dunia melalui kesaksian kasih kita.

Hati-hati berkendaraan,
waspada terhadap keadaan.
Berjuanglah menyatukan perbedaan,
bukan menyamakan perbedaan.

dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here