Pelita Hati: 28.08.2019 – Bersih Luar-Dalam

0
690 views

Bacaan Matius 23:27-32

Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu sama seperti kuburan yang dilabur putih, yang sebelah luarnya memang bersih tampaknya, tetapi yang sebelah dalamnya penuh tulang belulang dan pelbagai jenis kotoran. Demikian jugalah kamu, di sebelah luar kamu tampaknya benar di mata orang, tetapi di sebelah dalam kamu penuh kemunafikan dan kedurjanaan. (Mat.23:27-28)

Sahabat pelita hati,

HARI ini kita masih berjumpa dengan sabda Tuhan yang berisi tentang kecaman yang diarahkan kepada orang-orang Farisi dan Ahli Taurat. Kali ini terasa lebih vulgar, tajam dan menukik. Mereka disamakan dengan makam yang luarannya ditata begitu indah dan bersih tetapi di dalamnya tersimpan tulang belulang yang sudah busuk dan pelbagai kotoran. Kepada para murid Tuhan menuntut untuk menjadi pribadi yang bersih luar-dalam, hidup benar dan tulus hati. Para murid tak boleh hidup pura-pura atau hidup dengan mentalitas ‘seakan-akan’. Tuhan tahu apa yang tersembunyi di dalam hati.

Sahabat terkasih,

Marilah kita membangun hidup dengan mutu kualitas kristiani yang dapat diandalkan dan menjauh dari perilaku munafik dan pura-pura sebagaimana menjadi cara dan pola hidup orang-orang Farisi. Jadikan hati kita sungguh  bersih dan tulus

Jauhkan dari sikap benci,
hindari dengki dan iri.
Ya Tuhan, jadikan hati kami suci,
dan sanubari pun berseri.

Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,
Berkah Dalem, Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here