Percik Katekese: Madonna Lactans yang Menyusui Bayi Yesus

0
349 views
Bunda Maria menyusui Yesus di Gereja Matera, Italia. (Romo Yohanes Gunawan Pr/KAS)

APAKAH Anda pernah melihat patung atau lukisan Bunda Maria menyusui?

Saat ziarah ke Chiesa Rupestri Santa Lucia Alle Malve di Matera, Italia Selatan, saya melihat ada ikon atau lukisan Bunda Maria sedang menyusui. Lukisan itu langsung digambar di dinding gereja. 

Demikian pula saat jalan-jalan sore di Massafra, saya melihat ada galeri lukisan yang memajang lukisan tersebut. Lukisan yang sama juga pernah saya lihat di museum Gereja Katedral di Kota Siena, Toscana, Italia.

Di dalam Gereja Katolik ada istilah “Virgo Lactans” atau “Madonna Lactans”, yaitu sebuah ikonografi Bunda Maria dan sang Bayi, di mana Bunda Maria ditampilkan sedang menyusui bayi Yesus. 

Penggambaran tersebut pernah disebutkan oleh Paus Gregorius Agung (540-604). Dia adalah santo pelindung para musisi, penyanyi, pelajar, dan guru.

Menurut para ahli, ada sebuah gambar mosaik yang diyakini berasal dari abad ke-12 ditemukan di bagian depan Basilika Santa Maria Trastevere di Roma. Ikonografi seperti ini juga masih dapat ditemukan dalam ikon-ikon Ortodoks (Yunani: Galaktotrophousa).

Lukisan Bunda Maria sedang menyusui bayi Yesus di sebuah galeri di Massafra, Italia. (Romo Yohanes Gunawan Pr/KAS)

Lucetta Scaraffia, sejarawan Gereja, mengungkapkan bahwa gambar tersebut mengungkapkan sosok Bunda Maria sebagai seorang wanita yang lembut dan seorang ibu yang penuh kasih.

Ditegaskan, “Bayi Yesus adalah bayi seperti semua manusia lain, keilahian-Nya tidak mengecualikan kemanusiaan-Nya”.

Bahkan dalam sejarah Gereja, patung atau lukisan “Bunda Maria menyusui Bayi Yesus” dihormati sebagai Maria pelindung bagi pasutri yang mengharapkan segera memiliki keturunan, pelindung para ibu yang memiliki bayi, pelindung para bayi, lambang kasih sayang keibuan Maria kepada semua anaknya, dan juga sebagai teladan bagi semua ibu dalam merawat anak-anaknya.

PS: Disarikan dari berbagai sumber


Credit foto : Y. Gunawan, Prfoto 1 : Lukisan “Bunda Maria Menyusui” di Gereja Materafoto 2 : Lukisan “Bunda Maria Menyusui” di galeri lukisan di Massafra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here