Perempuan Terberkati

0
1,231 views

“Elisabeth lalu berseru dengan suara nyaring, ‘Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu.’” (Luk 1, 42)

PEREMPUAN yang terberkati di antara semua perempuan. Yang manakah itu? Mungkinkah itu perempuan yang mendapatkan suami bijak, pengertian, tanggung jawab dan sabar dalam banyak hal.

Perempuan yang pasangan hidupnya tidak melakukan kekerasan, tidak mencari kesenangan sendiri dalam hal minuman, perjudian, bebatuan atau hiburan duniawi lain. Mungkinkah dia adalah perempuan yang mempunyai banyak anak?

Orang mengatakan bahwa banyak anak, banyak rezeki. Jumlah anak yang banyak dan berpendidikan semua serta menjadi pribadi yang sukses dalam usaha serta karya. Hal ini bisa membahagiakan keluarga, termasuk ibunya yang telah mengandung dan melahirkan mereka.

Mungkinkah mereka itu perempuan yang mandiri dalam sikap, yang sukses dalam usaha, mantap dalam karier atau profesi, dan terlibat aktif dalam berbagai macam karya sosial. Saat ini ada banyak perempuan yang mempunyai peran penting atau kedudukan strategis dalam berbagai bidang kehidupan, entah politik, sosial ekonomi, pendidikan, kesehatan, kebudayaan serta banyak bidang lainnya.

Mungkinkah mereka ini perempuan yang mampu menata dan mengatur rumah sehingga nampak indah, nyaman dan mengkrasankan; jauh dari barang yang berantakan dan berserakan, tumpukan pakaian dan perabotan kotor, bersih dari sampah, debu atau sarang laba-laba. Mungkinkah mereka ini para perempuan yang terlibat aktif dalam banyak persekutuan doa, kegiatan lingkungan, kelompok arisan atau dasa wisma, kegiatan PKK serta berbagai macam gerakan perempuan lainnya.

Mungkinkah mereka ini perempuan yang aktif dalam banyak group BB, WA, Line serta berbagai macam jejaring sosial. Mereka mempunyai banyak teman dan sahabat, saling menyapa dan bercanda, saling meneguhkan dan menguatkan, saling berbagi pengalaman dan berkat. Mungkinkah mereka ini perempuan yang sejahtera dalam kehidupan, subur dalam perawakan, menarik dalam penampilan, mengesan dalam kata dan perbuatan.

Aku tidak tahu, manakah perempuan yang terberkati. Satu hal yang pasti adalah penegasan Elisabeth bahwa Maria adalah perempuan yang terberkati di antara semua perempuan. Maria terberkati bukan karena jumlah anak atau pasangan hidupnya, bukan karena pekerjaan atau profesinya, bukan karena penampilan atau perawakannya.

Maria terberkati karena menerima dan melaksanakan kehendak Tuhan dengan segala kerendahan dan ketulusan hatinya.

Teman-teman selamat malam dan selamat berakhir pekan. Berkah Dalem.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here