Pesan Bapa Suci bagi Kaum Remaja: Kebahagiaan Tidak Bisa Diunduh seperti Aplikasi

1
3,117 views
Para peziarah dengan spanduk yang tertulis ‘Bapa Paus Fransiskus, salah satu dari kita," hadir dalam perayaan ekaristi bagi kaum muda di Vatikan.

DALAM perayaan bersama puluhan ribu remaja di Lapangan Basilika Santo Petrus di Vatikan, Roma, pada hari Minggu, Bapa Suci Paus Fransiskus menyerukan kepada para remaja untuk tidak mencari kebahagiaan melalui sesuatu yang serba material dan tampak di permukaan saja.

“Kebahagiaanmu tak ternilai harganya. Tidak bisa dibeli. Kebahagiaan bukan [seperti] aplikasi yang bisa kamu unduh di HP-mu, atau bukan juga update teranyar yang akan membawa kebebasan dan keagungan cinta,” ujar Bapa Suci.

Dalam Ekaristi yang menandai perayaan tiga hari yang dikhususkan bagi kaum remaja terkait dengan Yubileum Agung Tahun Kerahiman, Bapa Suci juga menggarisbawahi tantangan berat yang harus dihadapi oleh kaum remaja di abad ke-21 ini.

“Jangan percaya pada mereka yang hanya akan mengalihkan perhatianmu dari harta yang sejati, yaitu dirimu sendiri, dengan mengatakan bahwa hidup itu hanya akan indah jika engkau punya banyak harta,” kata Paus yang berasal dari Argentina dan telah berusia 79 tahun ini.

“Bersikaplah skeptis terhadap orang yang ingin meyakinkanmu bahwa engkau hanya akan berharga jika engkau bertingkah bak pahlawan seperti film-film, atau ketika engkau mengenakan pakaian bergaya kekinian.”

Lebih dari 70.000 umat yang berusia antara 13 hingga 16 tahun, mendengarkan dengan seksama, nasehat Sri Paus mengenai bahaya “ikut arus” dan hidup ‘bersantai-santai’.

Sebelumnya, pada hari Sabtu malam, Paus Fransiskus mengirimkan pesan video kepada remaja yang berkumpul di stadion Olympic di Roma, sembari meraih HP dan berbicara mengenai saat-saat di mana dia tidak bisa mengontak siapapun. “Ingatlah bahwa jika Yesus tidak ada dalam hidupmu, itulah rasanya seperti punya HP tetapi tidak dapat sinyal telpon.”

Paus juga mengejutkan para remaja yang hadir di kota abadi dengan kehadirannya di Lapangan Santo Petrus untuk ikut memberikan pengakuan dosa.

Gaya Paus Fransiskus yang tidak kaku membuat gembala tertinggi umat Katolik in semakin populer di kalangan orang muda Katolik. Apalagi Vatikan bulan lalu baru saja meluncurkan akun Instagram Bapa Suci yang hingga kini telah menarik 2,3 juta pengikut, di samping posting-an di sembilan akun Twitter resmi Bapa Suci.

(Tautan berita video terkait di Youtube)

Sumber: The Guardian

Kredit foto: Ettore Ferrari/EPA

1 COMMENT

  1. Kaum remaja,
    Kecaplah betapa sedapnya Tuhan
    kecaplah betapa sedapnya Tuhan
    kecaplah betapa sedapnya Tuhan.

    Salam dan doa
    Rosa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here