Pesta Penampakan Tuhan: Pesta Tiga Raja

2
1,107 views
Hari Raya Penampakan Tuhan - Epifani. (Ist)

KELAHIRAN Kristus membawa sukacita besar, bukan hanya bagi Israel, melainkan juga bagi seluruh bangsa. Sukacita ini sudah diramalkan Nabi Yesaya (Yes 60:1-6), bahwa cahaya Tuhan akan menyinari Yerusalem, kemuliaan Tuhan akan terbit atas Yerusalem, bangkit dan menjadi teranglah. Bangsa-bangsa akan berduyun-duyun datang kepada terang itu.”

Dan sukacita bangsa-bangsa itu, diceritakan penginjil Matius (2:1-12) bahwa para Majus datang mencari Raja yang baru lahir, yang bintang-Nya terbit di Timur.

Pada pesta Tiga Raja ini, kita belajar dari Tiga Raja (Gaspar, Melchior,dan Baltazar), belajar ketekunan, kebijakan dan usaha yang terus-menerus untuk.mencari Tuhan.

Hari ini juga dirayakan Hari Anak Misioner ke- 176. Tema perayaan Hari Anak Misioner ini ‘Bintang Misioner, Pancarkan Sinarmu.’

Paus Fransiskus mengahak dan mendorong kita semua, bukan hanya anak-anak untuk belajar dari tiga Majus: Ketekunan, bijak dan kesetiaan mencari dan menemukan Tuhan. Paus juga mengajak kita semua, khususnya anak-anak untuk menjadi Bintang Misioner, yang selalu memancarkan cahaya dan menerangi orang lain.”

Hari ini secara khusus, sekelompok anak setelah diberkati akan mengunjungi semua keluarga dengan membawa berkat: Christus Mansionem Benedicat (Semoga Kristus memberkati rumah ini).

Mari kita buka rumah dan hati kita untuk menerima berkat Tuhan, agar kita boleh menjadi binta misioner yang selalu memancarkan cahaya kepada orang lain.

Selamat Pesta Penampakan Tuhan dan Pesta Hari Anak Misoner ke 176.

2 COMMENTS

  1. Dalam renungan tersebut ada 2 sebutan Hari Raya Penampakan Tuhan dan Pesta Tiga Raja (sebitan sebelum Konsili Vatikan II..

    Dalam Injil hari ini, yang datang kepada Yesus bukan tiga raja, tetapi tiga orang majus (bdk Mat 2:1)
    Orang majus adalah kira2 orang yg ahli dlm hal yg “gaib’.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here