Puncta 02.11.18 Yohanes 6:37-40 Peringatan Arwah Semua Orang Beriman

0
353 views
Ilustrasi: Kerkop Girisonta. (Mathas Hariyadi)

DALAM banyak tradisi dan budaya ada saat dimana kita mendoakan arwah orang yang sudah meninggal. Tradisi Jawa mengenal Nyadran. Tradisi Cina ada Ceng Beng.

Dalam iman katolik juga ada doa untuk saudara-saudari yang sudah meninggal yakni tiap tanggal 2 November.

Kemarin kita merayakan pesta semua Orang Kudus. Kini kita diajak mendoakan arwah yang masih berada di api penyucian. Mereka menunggu saat bergabung dengan para Kudus di surga. Hubungan kita tidak putus dengan mereka yang sudah meninggal.

Cinta itu melampaui batas waktu dan ruang. Cinta itu disatukan oleh Tuhan. Dialah yang sudah bangkit dari kematian, menghubungkan antara kita yang masih hidup di dunia ini dengan mereka yang sudah mati.

Yesus berkata, “inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya semua yang telah diberikanNya kepadaKu jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman”.

Kita mohon supaya arwah leluhur, nenek moyang, saudara atau sahabat kenalan kita juga dibangkitkan menikmati perjamuan Tuhan. Merantau ke Jakarta. Jangan lupa membeli mendoan. Berdoalah untuk yang sudah tiada. Kita semua akan dibangkitkan. Berkah Dalem.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here