Puncta 09.07.19 Mt 9:18-26: Mari Terlibat Menjadi Pekerja

0
371 views
Ilustrasi: Prosesi tahbisan imamat di Kapel Seminari Tinggi St. Paulus Yogyakarta, Jumat tanggal 28 Juni 2019. (Ivan Darmawan)

TAHUN ini, kami kehilangan dua imam yang dipanggil Tuhan. Mereka adalah Romo Wiyono dan Romo Jonowasono.

Kemarin, Romo Antonius Suparyono Pr dipanggil Tuhan. Semoga Tuhan menyambutmu di surga.

Romo Wiyono mempunyai keahlian menjadi dalang wayang. Selain itu juga ahli dalam karawitan. Beliau mendampingi anak-anak agar melestarikan budaya Jawa khususnya karawitan.

Romo Jono adalah formator di Tahun Rohani. Ia tekun mendampingi para calon imam. Kehilangan dua orang imam sangat terasa bagi karya pastoral gereja. Banyak karya pelayanan yang membutuhkan kehadiran para gembala. Aneka bidang kehidupan memerlukan pelayan atau gembala yang “mumpuni” atau kompeten.

Walaupun bulan Juni ada tahbisan imam, namun kebutuhan tenaga gereja tetap saja masih kurang.

Setelah Yesus menyembuhkan orang yang kerasukan setan, Ia berkeliling ke semua desa dan kota. Ia mengajar dan mewartakan Injil Kerajaan Allah dan menyembuhkan berbagai penyakit. Karena begitu banyak orang yang harus dilayani, maka Yesus berkata kepada murid-muridNya, “Tuaian memang banyak, tetapi sedikitlah pekerjanya. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.”

Yesus membuka kemungkinan bagi setiap orang untuk terlibat dalam mewartakan Injil Kerajaan Allah. Tuaian adalah dunia dan seluruh ciptaan di dalamnya.

Pemilik tuaian adalah Allah sendiri. Pekerja-pekerja adalah kita yang dipanggil untuk membantuNya. Sang pemilik ingin menyelamatkan dunia. Ia memanggil kita untuk terlibat di dalamnya. Allah ingin bekerjasama dengan manusia. Maka undangan itu terbuka untuk siapa saja. “Mintalah supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.”

Panggilan menjadi pekerja tidak terbatas menjadi imam, bruder atau suster. Apa pun posisi dan statusnya, kita dapat menyumbangkan talenta bagi karya keselamatan Allah.

Melalui karya-karya kita dimana pun, kita boleh terlibat menggarami dan menyejahterakan dunia. Marilah membuat dunia sekitar kita menjadi lebih baik dan bermartabat mulia sebagaimana Allah menghendakiNya.

Membeli kain di Pasar Lama
Harganya mahal melambung naik
Talenta sekecil apapun akan berguna
Untuk menciptakan dunia menjadi lebih baik

Berkah Dalem,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here