Puncta 11.10.18. Lukas 11:5-13. Bapa yang Murah Hati

0
397 views
Ilustrasi: Murah hati (ist)

TUHAN Yesus tidak hanya mengajarkan cara berdoa. Kemarin Doa Bapa Kami diajarkan kepada para muridNya. Dalam Injil hari ini Yesus menunjukkan kekuatan doa.

DOA itu berarti Didengar Oleh Allah. Yesus menggambarkan seseorang yang tidak segan-segan terus meminta tolong sahabatnya. Kendati sahabatnya menolak untuk membantu katanya, “Jangan mengganggu aku; pintu sudah tertutup; aku tak dapat bangun dan memberikannya kepadamu”, namun karena karena sikap sahabatnya yang tak tahu malu itu, pasti ia akan bangun dan memberikan apa yang diperlukannya”.

Kita tak perlu malu untuk minta-minta kepada Tuhan. Yesus membandingkan, jika kalian yang jahat tahu memberikan yang baik kepada anakmu, betapa pula Bapamu di surga. Tidak ada seorang ayah yang memberi batu kalau anaknya minta roti.

Allah yang kita sebut Bapa itu sungguh murah hati. Ia akan memberikan Roh Kudus. Mengingat kemurahan hati BapaNya, Yesus menganjurkan kita untuk selalu berdoa. Yesus berkata, “Mintalah, maka kamu akan diberi. Carilah, maka kamu akan mendapat. Ketuklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.’

Saya ingat sharing seorang bapak yang masih muda. Dia membangun keluarga tetapi belum diberi anak. Dia terus berdoa kepada Tuhan supaya keluarganya disempurnakan dengan lahirnya anak. Tuhan mengabulkan doanya setelah 9 tahun dia meminta.

Dia berkata, “Tuhan itu memberi selalu tepat dan indah pada waktunya, saya diuji untuk terus meminta dan akhirnya Ia mengirim malaikat mungil yang menjadi buah keluarga kami”.

Doa punya kekuatan yang luar biasa. Ia menumbuhkan harapan bahwa Allah akan memberikan tepat pada waktunya. Jangan segan untuk berdoa kendati belum dikabulkan. Akan datang saatnya, Tuhan akan memilih waktu yang tepat untuk kita.

Candi Prambanan di Jogjakarta. Segara Kidul banyak bidadarinya. Jangan segan selalu berdoa. Tuhan pasti mengabulkannya. Berkah Dalem.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here