Puncta 16.09.18. Markus 8:27-35: Siapakah Yesus Menurutmu?

0
719 views
Yesus berdoa di Taman Gethsemani (ist)

KETIKA Yesus menanyakan pendapat orang tentang diri-Nya, murid-murid mudah menjawabnya. Tetapi saat mereka sendiri ditanya, Petrus mampu menjawab,”Engkau adalah Mesias”.

Namun belakangan Petrus dihardik dengan keras karena menolak Mesias a la Yesus yang harus menderita, dibunuh dan bangkit pada hari ketiga. Pemahaman Petrus tentang Mesias masih keliru. Mesias dikira seorang raja penuh kuasa duniawi, hebat, megah tak tertandingi.

Yesus menunjukkan Mesias yang ilahi yang lemah lembut, rendah hati bahkan ditolak imam-imam kepala dan dibunuh. Kadang kita juga keliru memahami siapa Yesus. Yesus kemudian meminta murid-muridNya untuk terus menjalin relasi. Maka Dia mensyaratkan tiga hal jadi murid-Nya; berani menyangkal diri, memanggul salib dan mengikuti Dia.

Santo Yakobus menekankan lagi bahwa iman tanpa perbuatan adalah mati. Misalnya kita dipilih jadi prodiakon. Sebagai wujud iman maka kita bersyukur dipercaya melayani umat.

Yang penting kita mau dulu. Tugas ini adalah kesempatan mewujudkan iman kepada Yesus. Dengan tugas itu kita bisa menyangkal diri, memikul salib dan mengikuti Dia.

Jalan-jalan ke Pasar Turi. Beli salak tiga kiloan. Ayo kita menyangkal diri. Ikut Yesus berani berkorban. Berkah Dalem.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here