Puncta 17.11.19 Minggu Biasa 23, Luk 21:5-19: Titanic

0
60 views
Ilustrasi: Kapal Titanic by Historia.

MASIH ingat tregadi kapal Titanic yang megah itu? Ketika kapal itu menabrak gunung es, kapal itu pecah dan terbelah. Para penumpang tunggang langgang menyelamatkan diri.

Rasanya seperti menghadapi hari kiamat. Semua orang diburu oleh waktu untuk menyelamatkan diri. Ada banyak sikap dan perilaku yang ditunjukkan orang dalam menghadapi kematian atau hari akhir itu.

Ada banyak orang berebut menumpang di kapal sekoci penyelamat. Ada yang masih bertahan di dalam kapal. Ada sekelompok pemusik yang terus bermain musik di sela-sela kekacauan. Ada sepasang lansia yang tidur berpelukan di ranjang.

Mereka pasrah pada nasib. Mereka berpelukan menjemput maut. Ada pastor yang tetap bertugas melayani pengakuan dosa dan memberkati orang-orang di situ. Kita melihat tokoh utama dalam film itu, Jack dan Rose, mereka berdua berjuang mempertahankan hidup.

Mereka lari menerjang kerumunan orang. Mereka menembus air yang memenuhi kapal. Bertahan dari hempasan kapal yang pecah dan menyedot mereka dalam pusaran gelombang dasyat. Mereka berdua berjuang dan bertahan sampai akhir.

Bacaan Injil hari ini, Yesus memperingatkan murid-muridNya untuk berjuang menghadapi hari kiamat untuk tetap bertahan sampai akhir. Akan ada banyak kesulitan dan penderitaan. “Bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan.

Akan terjadi gempa bumi yang dasyat, akan ada penyakit sampar dan kelaparan.” Selain kedasyatan bumi itu, para murid masih harus mengalami pencobaan berat.

Mereka akan diserahkan ke rumah ibadat, dimasukkan ke dalam penjara, dihadapkan kepada raja-raja dan penguasa. “Beberapa diantaramu akan dibunuh.”

“Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu.” Menghadapi hari akhir yang dasyat itu, Jack dan Rose tetap bertahan dan berjuang tanpa kenal lelah. Cinta itu harus diperjuangkan.

Kalau kita mengasihi Kristus, maka kasih itu harus diperjuangkan sampai akhir. Kendati menghadapi tantangan, kesulitan, bahaya bahkan kematian sekalipun, iman kepada Kristus harus diperjuangkan. Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu, itulah janji Kristus.

Semua akan mati. Tetapi bagaimana menghadapi itu tergantung dari masing-masing yang mengalami. Jika orang memiliki cinta seperti Jack dan Rose itu, mereka akan berjuang sampai akhir. Kalau kita memiliki cinta Kristus, kita pun akan tetap bertahan sampai akhir. Cinta mengobarkan semangat untuk tetap berjuang menghadapi apa pun.

Di Titanic aku diam di buritan
Sambil nunggu datangnya perahu
Kalau kamu tetap bertahan
Kamu akan memperoleh hidupmu

Wisma OMI, saat berWeek End

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here