Puncta 24.10.18. Lukas 12:39-48: Berjaga-jagalah

0
493 views
Ilustrasi: Berjaga-jaga (Ist)

SUATU pagi,  saat masih sepi di halaman Gereja Katolik Paroki Kendal terjadi pencurian. Umat yang hendak ikut misa di gereja kehilangan tas karena diambil pencuri.

Karena kejadian itu lalu baru terpikir perlunya pasang CCTV sebagai pengaman. Ada yang usul perlu ada pos satpam. Ada yang punya ide membayar penjaga malam atau pelihara anjing penjaga.

Berjaga-jaga itu sering tidak terlalu dipikirkan. Orang baru berjaga-jaga kalau sudah ada kejadian.

Tuhan Yesus mengingatkan, “Hendaklah kalian juga siap sedia, karena Anak Manusia akan datang pada saat yang tak kalian sangka-sangka”.

Kedatangan Anak Manusia bisa kita bayangkan akhir jaman tetapi bisa juga datangnya kematian tidak bisa kita duga-duga. Kita diajak untuk selalu berjaga-jaga. Ada yang bertanya seandainya besuk terjadi kiamat apa yang akan kita lakukan ? Ada yang menjawab; berdoa terus, berpuasa, matiraga. Tetapi ada seorang bijak berkata; saya akan melakukan kebaikan seperti hari-hari biasa. Karena apa yang saya lakukan hari ini adalah persiapan untuk datangnya hari akhir itu”.

Artinya kualitas tindakan kita hari ini berarti bagi saat datangnya Anak Manusia. Marilah kita tingkatkan kualitas hidup kita demi berjaga-jaga bagi kedatangan Tuhan.

Minum kopi Arabika. Dicampur tahu goreng di meja makan. Mari kita siapkan kedatangan Anak Manusia. Dengan memberi contoh kebaikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here