Puncta 31.05.18. Roma 12: 9-16b: Amar Ma’ruf Nahi Mungkar

0
437 views
Maria kunjungi Elisabeth by Albertinelli.

SEORANG anak keci diajak ayahnya piknik ke pinggir danau. Ayah itu meminta anaknya melemparkan kerikil ke tengah danau. Akibat lemparan itu muncul lingkaran gelombang yang kecil. Anak itu lalu memilih kerikil yang agak besar, dilemparkan ke air danau. Lingkaran gelombangnya makin besar.

Ayah itu bertanya pada anaknya, “Apa yang bisa kita pelajari dari mainan ini, nak?”

Semakin kita melempar benda yang besa,r gelombangnya juga besar dan lingkaran itu bergulung kembali menuju kita juga. Begitu juga dengan perilaku kita. Kalau kita berbuat baik maka gelombangnya akan kembali menuju kita.

Begitu juga sebaliknya. “Ngundhuh wohing pakarti” menuai apa yang kita tanam.

Santo Paulus menasehati kita, “Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik. Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat”.

Hal itu dilakukan Maria dengan mengunjungi Elisabet saudarinya. Salam yang disampaikan Bunda Maria juga mengalir ke bayi yang dikandung Elisabet. Lalu kebaikan itu kembali menuju ke Maria dengan pujian yang disampaikan Elisabet. Akhirnya Allah dimuliakan karena kebaikan-kebaikan kita.

Marilah kita melakukan amar ma’ruf nahi mungkar. Melakukan yang baik dan menjauhi yang jahat agar nama Tuhan makin dimuliakan.

Selamat Pesta Santa Maria mengunjungi Elisabet. Sampai esok pagi kita mengunjungi Ekaristi-Nya. Berkah Dalem.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here