PW St. Pius X-Paus Hak 9:6-15, Mat 20: 1-16:Kasih dan Keadilan Allah

0
230 views
Ilustrasi: Tuhan adalah kasih by Motivate Quotes.

INJIL berbicara tentang perumpamaan pemilik kebun anggur yang mencari pekerja untuk kebun anggur. Kesepakatan tentang upah ditetapkan, satu dinar.

Ada perbedaan waktu para pekerja melaksanakan tugasnya, tapi tetap dengan upah yang sama: pagi-pagi, pukul 9 pagi, pukul 12, pukul 15 dan pukul 17 sore.

Perumpamaan ini memberi gambaran bagaimana kasih dan kerahiman Allah tidak ditentukan oleh prestasi dan waktu yang tersedia bagi manusia.

Kasih dan kerahiman, serta keadilan.Allah ditentukan justru berdasarkan rahmat yang dianugerahkan secara cuma-cuma.

Kebaikan, kasih dan keadilan Allah bukanlah imbalan bagi kita manusia, karena melakukan sesuatu, melainkan suatu hubungan pribadi yang ditawarkan secara cuma-cuma oleh Allah.

Kita cenderung memperlakukan sesama dalam rangka dan konteks “imbalan dan balas jasa”. Kita seringkali sulit menerima bahwa orang lain berbeda dengan kita, apalagi bila orang diperlakukan lebih baik daripada semestinya. Kita seringkali gampang cemburu dan iri hati dengan keberuntungan sesama.

Dengan perumpamaan ini, Yesus ingin menegaskan bahwa Allah itu baik. Dan kebaikan Allah itu tidak bisa diganggu-gugat oleh siapa pun. Apalagi, kalau orang mengklaim bahwa dia paling berjasa di hadapan Allah. Kita seharusnya semakin bersyukur atas kebaikan Allah yang telah kita terima, walau tidak sesuai keinginan kita.

Karena kita memikirkan apa yang tidak dipikirkan Allah. Injil hari ini juga ajak kita untuk berlaku baik, adil dan murah hati kepada sesama di sekitar kita.

Doaku: Ya Tuhan Yesus, ajarilah saya hari ini untuk berlaku baik, adil, dan murah hati kepada sesama di sekitarku, terutama mereka yang kecil dan sederhana. Amin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here