Rayakan Bulan Bahasa, SMUK Warta Bakti Kefamenanu Ikuti Pelatihan Jurnalistik

0
48 views
Foto-foto : Sesawi.Net/Romo Ino Berek

MENGISI Oktober 2018 sebagai bulan bahasa, Sekolah Menengah Umum Katolik (SMUK) Warta Bakti Kefamenanu menyelenggarakan pelatihan jurnalistik, (Senin-Rabu, 8-10/10/2018). Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peserta didik untuk mengenal dunia tulis menulis sekaligus memerangi hoax yang sangat meresahkan akhir-akhir ini.

Pendamping latihan jurnalistik, Romo Herry Gerand Fernandes memberi materi bagi para peserta tentang menulis berita dan profil. Bagi Romo Herry, anak-anak didik perlu diberi perhatian utama karena media sangat sental dalam era global ini bahkan langkah tepat untuk perangi hoax. “Sangat penting kegiatan pelatihan jurnalistik. Mengapa? Mengenal media sebagai sarana untuk membangun kreatifitas serta kemampuan intelektualitas anak terutama perang melawan hoax yang sangat meresahkan sekarang ini,” katanya.

Kegiatan pelatihan jurnalistik bagi mantan Praeses Seminari Tinggi TOR Lo’o Damian ini jangan dianggap sepele apalagi diabaikan. Jika anak-anak tidak diberi kesempatan seperti sekarang, akan ke mana mereka bisa menimbah pengetahuan? Ia mengharapkan agar pelatihan jurnalistik perlu dibangun terus demi masa depan generasi muda. “Generasi muda perlu diberi perhatian. Mari kita memberi motivasi agar mereka sungguh mampu menggapai mimpi demi masa depan yang cerah,” ungkapnya dengan pasti di hadapan para peserta.

Para peserta sangat antusias. Tidak semata mendengarkan materi tapi langsung disertai dengan latihan cara membuat berita dan profil. Walau hanya berlangsung selama 3 hari namun sangat membantu mereka dalam menulis. Kandida Bone, salah satu peserta yang begitu senang walau baru pertama kali mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik namun bisa paham apa itu berita dan bagaimana cara membuat profil. “Senang sekali bisa mengikuti pelatihan jurnalistik. Walau baru pertama kali namun sangat berkesan bagi saya. Ini pengalaman pertama. Ternyata hasilnya luar biasa,” imbuh Bone dengan polesan senyuman manisnya.

Puncak kegiatan Bulan Bahasa diakhiri dengan ujian sekaligus penyerahan sertifikat kegiatan bagi para peserta. Perlu diketahui bahwa SMUK Warta Bakti selalu menyelenggarakan pelatihan jurnalistik bertepatan dengan bulan bahasa setahun sekali sebagai perhatian bagi peserta didik tentang pentingnya media bagi generasi muda. Lebih penting lagi pelatihan jurnalisti sebagai tameng dalam memerangi hoax bagi mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here