Rekoleksi Jelang Perayaan 100 Tahun Mgr. Petrus Cornelis Sol MSC

0
1,072 views
Uskup Emeritus Keuskupan Amboina Mgr Adreas Petrus Cornelis Sol MSC

Retret dan rekoleksi yang dilakukan secara rutin sangat penting bagi pertumbuhan iman. Karena itu Uskup Emeritus Keuskupan Amboina Mgr Adreas Petrus Cornelis Sol MSC minta pada 325 anggota umat paroki Santo Fransiskus Xaverius Katedral Ambon yang sedang mengikuti rekoleksi bertajuk, “Pendalaman Iman Umat menyongsong dan memeriahkan Yubelium 100 Tahun Mgr A.P.C. Sol MSC dan 40 Tahun Imamat Mgr P.C. Mandagi MSC” mengikuti rekoleksi dari awal hingga selesai.

“Saya menyatakan proficiat kepada Anda semua yang ikut serta dalam rekoleksi ini. Retret dan rekoleksi seperti ini amat berguna bagi pertumbuhan iman Anda,”ujar Monsinyur Sol.

Uskup kelahiran Sloten, Belanda, 19 Oktober 1915 ini juga mengingatkan agar umat Katolik peduli dan berlaku hormat pada orangtua, menjadikan sekolah katolik pilihan utama sebagai tempat pendidikan anak serta menjunjung tinggi budaya membaca.

“Saya menganjurkan Anda untuk membaca Majalah Mingguan Hidup Katolik. Di dalamnya termuat lintasan berita gerejani Indonesia dan dunia. Banyak kisah inspiratif yang membantu pertumbuhan dan penyegaran iman Anda,”ujar Gembala umat keuskupan Amboina selama periode 1964-1994 ini.

Uskup Sol juga mengajak umat untuk saling menghormati seorang akan yang lain, terutama keberpihakan pada orang yang kecil dan miskin. “Pandanglah orang lain lebih penting dari diri sendiri,” pintanya.

Dia mendorong umat untuk lebih giat dalam kegiatan rukun (wilayah rohani), sebab secara tertitorial ini adalah wadah efektif bagi umat untuk berkumpul dan berbagi pengalaman iman. Selain itu, Uskup dengan motto tahbisan “Ut Omnes Unum Sint” ini menyerukan agar umat keuskupan Amboina hidup di dalam kesatuan dan cinta kasih.

Uskup Sol dengan rendah hati juga menyampaikan terima kasih dan mohon maaf. “Terima kasih kepada umat keuskupan Amboina. Tanpa umat, uskup tak dapat berbuat apa-apa. Saya juga memohon maaf atas kesalahan yang saya lakukan selama 30 tahun menjadi gembala di keuskupan ini.”

Usai menyampaikan nasihat spiritual, Uskup Sol berdoa bersama umat dan menganugerahkan berkat epikopatnya.

19 Oktober 2015 adalah momen penting bagi Uskup Andreas Petrus Cornelis Sol MSC yang akan genap berusia 100 tahun dan pada tanggal 18 Desember 2015 Mgr P.C. Mandagi MSC merayakan 40 tahun Imamat. Kegiatan rekoleksi dan pendalaman iman umat merupakan salah satu aktivitas rohani yang diadakan Panitia Yubelium 100 Tahun demi menyiapkan umat menyongsong dan memeriahkan kedua perayaan ini.

Menurut Koordinator Humas Publikasi dan Dokumentasi Panitia Yubelium, Pastor Tino Ulahaiyanan MSC, Duta Vatikan untuk RI Mgr Antonio Guido Filipazzi akan hadir memimpin misa di hari puncak Yubelium.

“Kami sudah beraudiensi dengan Duta Vatikan di Jakarta. Beliau sudah bersedia datang ke Ambon. Kami juga sudah mengundang para Uskup se-indonesia,” ungkap Pastor Tino di sela-sela acara rekoleksi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here