RIP Romo Henricus “Henk” van Opzeeland SJ (90 Th), Pernah Jadi Ekonom KAJ (1)

2
1,759 views
RIP Romo Henricus "Henk" van Opzeeland SJ (1929-2019) by Prompang SJ.

KABAR duka kali ini datang dari Ordo Serikat Jesus Provinsi Indonesia. Telah meninggal dunia di RS Sint Elisabeth Semarang pada hari Selasa malam tanggal 18 Juni 2019 pukul 23.15 WIB:

  • Pater Henricus “Henk” van Opzeeland SJ dalam usia 90 tahun.
  • Almarhum adalah inisiator STM Strada di Pademangan, saat berkarya sebagai Ekonom Keuskupan Agung Jakarta era Mgr. Leo Soekoto SJ.

Pada tahun 1990-an, almarhum Romo Henk SJ pindah dari KAJ di wilayah reksa pastoral di KAS. Kemudian, almarhum mengampu menjadi Pastor Spiritual untuk para frater Jesuit di Kolese Ignatius (Kolsani) Yogyakarta dan sehari-hari bekerja di Yayasan Sanata Dharma sebagai Ekonom.

Pesta 70 tahun menjadi Jesuit Romo Henricus “Henk” van Opzeeland SJ di bulan September 2017 lalu saat almarhum tepat berusia 88 tahun. (Prompang SJ)

70 tahun menjadi Jesuit

Romo Henricus “Henk” van Opzeeland SJ di bulan September 2017 lalu merayakan 70 tahun sebagai Yesuit dan perayaaan sederhana di Kolsani itu berlangsung bertepatan almarhum Romo Henk berumur 88 tahun.

Belum tersedia informasi kapan pemakamannya.

Berikut ini tautan video kisah hidupnya dalam kilasan berita.

Requiescat in pace et vivat ad aeternam.

2 COMMENTS

  1. RIP & AD VITAM AETERNAM PATER.
    Biasakan redaksi sesawi tidak meromokan semua pastor. Pater Henk bukan romo Henk.

    • Panggilan imam di Jawa adalah “Romo”, sedangkan teman-teman dari lain tempat menyebut, memanggil imam dengan sebutan “Pastor” — tidak perlu menjadikan dua istilah itu sebagai hal yang layak diperbandingkan. Yang satu lebih tinggi daripada yang lain. Sama saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here