Romo J. Kristanto Pr Tak Rilis Pernyataan Apa pun tentang Film “Ave Maryam”

2
16,847 views
Ilustrasi by ibitimes

SEPANJANG Sabtu-Minggu tanggal 13-14 April 2019 ini muncul berbagai komentar tentang film rilisan baru bertitel Ave Maryam.

Dalam sebuah jaringan percakapan di jalur medos melalui WA muncul postingan bahwa Romo J. Kristanto Pr dari Komisi Seminari KWI ikut merilis komentar tentang film anyar itu.

Redaksi Sesawi.Net menghubungi Romo J. Kristanto Pr guna menanyakan perihal tersebut.

Mantan Rektor Seminari Tinggi St. Paulus Kentungan Yogyakarta dan kini Sekretaris Eksekutif Komisi Seminari KWI itu hanya menjawab pendek. “Saya tidak pernah merilis pernyataan apa pun berisi komentar penilaian atau tanggapan atas film tersebut,” ujarnya.

Yang dia lakukan adalah sebagai berikut:

  • Banyak orang Katolik bertanya di sebuah kelompok percakapan WAG tentang film anyar tersebut.
  • Karena belum banyak yang menonton dan juga tidak tahu kisahnya, maka lalu di-copas-kan sebuah “ulasan” orang lain dan itu dirilis di sebuah grup WA.
  • Hasil copas dari konten percakapan WAG di jalur medsos kemudian di-copas-kan lagi oleh anggota grup tersebut ke banyak WAG lain.
  • Namun, kali ini pengopas ini lalu dengan lancang memberi komentar dengan tambahan kalimat: “komentar Romo J. Kristanto – KWI”.

Tambahan kata “Romo J. Kristanto – KWI” itu malah memberi kesan yang salah.

Yakni, kata Romo J.Kristanto kepada Sesawi.Net Minggu (14/4/2019) siang ini, “Saya seakan-akan telah menulis sesuatu tentang film tersebut.”

Parahnya lagi, imam diosesan KAS itu lantas dianggap sebagai “penulis” komentar tersebut.

Padahal, sejatinya dia tidak pernah merilis pernyaaan apa pun.

Dengan demikian, sebaran yang menyebut Romo J. Kristanto “pernah” menulis risalah atau komentar tentang film tersebut itu masuk kategori hoaks.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here