Saling Berbagi: Ziarah Lingkungan St. Fransiskus Assisi Paroki Salib Suci Purwakarta, Jabar

0
270 views
Ziarah Lingkungan St. Fransiskus Assisi Paroki Purwakarta.

TAHUN Keluarga 2018 dimaknai oleh keluarga-keluarga di Lingkungan Santo Fransiskus Asisi, Paroki Salib Suci Purwakarta, Keuskupan Bandung, di Jawa Barat dengan kegiatan ini. Yakni, mengadakan rangkaian perjalanan iman Katolik dengan cara mengajak Keluarga Saling Berbagi. Kongkritnya, memaknai peran keluarga dalam masyarakat.

Ketua Lingkungan Santo Fransiskus Asisi Ibu Yohana Suhartini mengajak semua umat lingkungan Santo Fransiskus Asisi pergi ziarah ke Gua Maria Sawer Rahmat di kawasan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Perjalanan selanjutnya adalah menuju Taman Doa  Regina Rosari yang fasilitasnya dilengkapi dengan 24 Stasi atau Perhentian Jalan Salib. Pada Perhentian atau Stasi ke-14 telah berdiri sebuah columbarum (tempat penyimpanan abu jenazah).

Romo Paulinus Widjaja selaku Pastor Kepala Paroki Salib Suci Purwakarta memberi semangat dan dukungan kepada Lingkungan Santo Fransiskus Assisi merefkesikan perjalanan iman melalui ziarah iman Katolik.

Ziarah Lingkungan Santo Fransiskus Assisi ini telah berlangsung pada  hari Sabtu, 11 Agustus 2018 lalu dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang terdiri para bapak, ibu, remaja, OMK, dan anak-anak.

Berangkat ziarah direncanakan mulai pukul 05.30 WIB, namun akhirnya kami baru ‘berhasil’ berangkat dari POJ pada pukul 07.00 WIB menuju Gua Maria Sawer Rahmat Kuningan, Cigugur. Perjalanan sekitar empat jam dan tepat pukul 11.00 siang, rombongan akhirnya sampai tiba di lokasi.

Sukacita bersama.

Kami langsung berjalan menuju jalan Salib Perhentian Pertama dan selanjutnya ke  Perhentian selanjutnya sampai akhirnya di  perhentian ke-14. Setelah itu, perjalanan berikutnya berlanjut ke Kolam Ikan di Cigugur, di pinggiran Kota Kuningan.

Tepat pukul 13.30 WIB, rombongan menuju Taman Doa Cirebon. Selama dua jam, kami berkanjang dalam doa berdoa di sini . Makna iman Katolik yang boleh kami petik adalah semangat berbagi sukacita dan kemurahan hati Allah melalui kebersamaan lingkungan, berbagi semangat untuk mewujudkan kebersamaan untuk melayani dengan penuh semangat dan kemurahan hati. Semoga dengan ziarah ini, umat di Lingkungan St. Fransiskus Assisi semakin memberi kekuatan baru untuk saling mendukung, bekerjasama, melengkapi untuk mewujudkan semangat Tahun Pastoral Keluarga Keuskupan Bandung Tahun 2018 dengan tema besar “Keluarga Saling Berbagi. Peran Keluarga dalam Masyarakat”.

Ini sesuai dokumen Familiaris Consortio 17 di mana Gereja mengingatkan bahwa Keluarga Katolik bisa menemukan jatidirinya, jika berani juga menjalankan tugas dan pengutusannya di masyarakat.

Gaudium et Spes senantiasa mengingatkan kita pada tugas perutusan tersebut: ”Kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan orang-orang dewasa ini, khususnya mereka yang miskin, dan mereka yang menderita, adalah juga kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan para pengikut Kristus. Sebab, orang-orang Kristiani adalah juga anggota keluarga manusia” (GS 1).

Agar kehadiran keluarga-keluarga Katolik sungguh dapat membawa sukacita bagi masyarakat di sekitarnya, maka Keluarga Katolik harus menjadi teladan hidup dalam keharmonisan dan kerukunan hidup berkeluarga di tengah masyarakat.

Di  sekitar paroki, harapannya adalah agar setiap keluarga katolik  dapat hidup sejahtera kami merasakan sukacita dan kebaikan Allah melalui ziarah keluarga Lingkungan Santo Fransiskus Assisi, Paroki Salib Suci Purwakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here