Sekolah Berasrama Sathya Sai School, Lopburi Thailand: Pinter Itu Bonus, Yang Utama Berakhlak Baik

0
211 views
Dr Art Ong Jumsai, pendri dan pemimpin sekolah berasrama Sathya Sai, adalah seorang ilmuwan perancang pesawat ruang angkasa. (Romo Ferry Sutrisna Widjaja Pr/Keuskupan Bandung)

TANGGAL  14-15 Desember 2018 lalu, kami berkunjung ke Sathya Sai School di Lopburi Thailand yang sangat luar biasa. Sekolah ini bermodel asrama di mana kelas 1-12  mengintegrasikan lima human values yakni Love, Truth, Right Conduct, Peace, Non Violence selama 24 jam sehari.

Itu diajarkan sejak para murid melakukan apa yang disebut sitting meditation pagi hari dan dongeng harian, upacara bendera, makan, belajar, bermain, olahraga, sampai tidur di malam hari, dll.

Seluruh guru tinggal di kompleks dan mereka menjadi guru selama 24 jam.

Setiap tahun ada dua kali kursus guru selama 10 pekan yang gratis dan bisa diikuti siapa saja yang sungguh mau belajar bagaimana mendidik anak menjadi baik.

Sekolah ini punya solar farm, pertanian organik, berbagai laboratorium sains, kelas musik, kolam renang, lapang olahraga, dll.

Murid-murid didikan sekolah berasrama Sathya Sai di Thailand.
Guru dan murid dalam satu kompleks asrama.

Namun yang utama sekolah yang penuh cinta kasih. Hari dimulai dengan sitting meditation dan dongeng dan banyak lagu cinta kasih. Lalu, setiap anak menyapa kepala sekolah dan guru-guru dengan gembira dan banyak pelukan hangat.

Jadi anak baik dan warga negara beradab

Tidak ada anak-anak yang teriak, marah, berkelahi, dan nakal. Itu karena semua dilatih untuk senyum, sabar, diam mengalah, melayani, dan mendahulukan yang lain.

Ini sekolah ajaib yang membuktikan bahwa cinta kasih itu membuat semuanya jadi baik. Prestasi akademik adalah bonus dan bukan tujuan.

Tujuan sekolah adalah menghasilkan good people good citizen.

Visi dan misi Sekolah Sathya Sai di Thailand.
Tujuan pendidikan adalah membentuk pribadi murid yang berakhlak.

Arsitek pesawat ruang angkasa

Pendiri dan pemimpinnya adalah Dr. Art Ong Jumsai seorang scientist yang ikut berperan membuat kaki pesawat ruang angkasa Viking yang pernah mendarat di Mars.

Ia  pandai bermain piano dan membuat kartun serta suka mendongeng dan usianya saat ini sudah 79 tahun.

Dr. Ong ikut membantu pendirian lebih dari 50 sekolah Sathya Sai di seluruh dunia termasuk beberapa di Indonesia dan memberi training guru di puluhan negara di dunia. Siapa pun boleh belajar ke sekolah Sathya Sai secara gratis karena semangat kasih dan berbagi yang luar biasa.

Dr. Art Ong Jumsai (kedua dari kiri) menyambut hangat para tamu yang berkunjung di Sathya Sai School hendak belajar metodologi pendidikan berasrama.

Lokasinya di sini:

Sathya Sai School of Thailand
99 Sura Narai Rd, Tambon Huai Hin
Amphoe Chai Badan
Chang Wat Lopburi 15130
Thailand
+66 36 790 041
https://goo.gl/maps/RVvyXedL7s72

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here