Spiritualitas Pelayanan, Rekoleksi DPP Paroki Katedral dan Paroki Gembala Baik Pontianak

0
202 views
Rekoleksi bersama untuk para anggota DPP Paroki Katedral dan Paroki Gembala Baik Pontianak. (Ist)

SPIRITUALITAS Pelayanan menjadi tema utama dalam kegiatan rekoleksi bersama untuk para anggota Dewan Pastoral Paroki (DPP) Paroki St. Yosep Katedral Pontianak dan DPP Paroki Gembala Baik Pontianak.

Rekoleksi dengan tema khusus ini diselenggarakan di Rumah Retret Constantini di Dusun Orek, Desa Korek Ambawang, kurang lebih 15 km dari pusat kota Pontianak.

Inilah kedua kalinya rekoleksi dengan tema sama dilakukan untuk keperluan DPP yang juga mendapat dukungan penuh dari Keuskupan Agung Pontianak (KAP).

Tak mengherankan pula, rekoleksi dengan tema sangat khusus ini juga diminati oleh banyak peserta. Tak kurang sebanyak 186 orang mengikuti program acara pembinaan ini. 122 orang datang dari Paroki Gereja Katedral St. Yosep Pontianak dan 64 lainnya dari Gembala Baik Pontianak.

Sebelum pelaksanaan mulai, rekoleksi ini diawali dengan misa pembukaan yang dipimpin langsung oleh Pastor Elenterius Bon SVD. Ikut menjadi konselebran dalam misa ini adalah Pastor Leonard Paskalis Nojo OFMCap yang juga secara resmi membuka program bina lanjut ini.

Dalam homilinya Pastor Elenterius Bon SVD yang akrap dipanggil Romo Elen menjelaskan, dalam Masa Adven yang Minggu Kedua ini, kita diajak untuk turut melayani dengan penuh tanggung jawab sebagaimana dikehendaki oleh Yohanes Pembaptis sesuai konteks bacaan pada hari Minnggu 9 Desember 2018 ini.

Para peserta rekoleksi diajak mempersiapkan diri guna menyambut kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus di Hari Raya Natal.

Menjadi masuk akal dan pas bahwa akhirnya rekoleksi dengan teman khusus itu berlangsung pada Minggu Kedua di asa Adven. Dengan tema itu, kita semua diajak untuk mempersiapkan diri agar layak dan pantas dalam menyambut kedatangan Tuhan.

Ajakan tersebut lebih nges lagi diterima oleh peserta rekoleksi, karena mereka semua itu adalah fungsionaris paroki.

Semua anggota pengurus Dewan Pastoral Paroki Gereja Katedral Santo Yosep dan Gembala Baik Pontianak diberi motivasi untuk melayani dan bukan dilayani, demikian inti pesan Pastor Elenterius Bon SVD.

Kegiatan rekoleksi bersama ini berlangsung setiap tahun sebelum Masa Natal dengan tujuan ingin merefleksikan diri menjadi seorang pelayan. Ini disertai harapan agar setiap anggota DPP siap menjadi seorang pelayan dengan rasa tanggung jawab besar mau membantu Pastor melayani umat di setiap parokinya masing-masing.

Juga, masing-masing dimotivasi oleh keinginan mau mengabdi dan berkorban untuk sesama dengan cinta dan tulus ikhlas serta setia mau saling memaafkan dan mengampuni sesama.

Akhirnya rekoleksi dengan tema khusus ini ditutup oleh Pastor Alexius Alex.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here