Suster OSA Menyemai Panggilan di Ketapang: Suster St. Augustinessen Membangun Biara Baru di Jl. Pal (3)

0
126 views
Vikaris Apostolik Ketapang Mgr. Gabriel Wilhemus Sillekens CP memberkati tiang pancang guna memulai projek pembangunan gedung Biara OSA di Jl Pal (sekarang bernama Jl Jenderal Sudirman) Ketapang di awal tahun 1957. (Dok CP-OSA/Repro MH)


JALAN lapang untuk membangun biara baru di Kota Ketapang itu pun akhirnya terbuka lebar, setelah Vikaris Apostolik Ketapang Mgr. Gabriel Wilhelmus Sillekens CP “turun tangan” sendiri dengan membawa sebuah tawaran luar biasa menarik.

Sudah tersedia lahan tanah cukup luas di Jl. Pal (kini bernama Jl. Jenderal Sudirman) di “pusat kota” Ketapang untuk lokasi pembangunan biara baru bagi para Suster St. Augustinessen tersebut.

Demikian Mgr. Gabriel W. Sillekens kepada para suster misionaris OSA yang di tahun 1957 sudah mulai menerima calon suster dari kalangan pribumi (baca: Dayak lokal dari Ketapang dan sekitarnya) sebagai Aspiran.

Di atas meja sudah tersedia semacam “maket” arsitektural berupa gambar-gambar grafis karya Bruder Cosmas OFMCap dari Pontianak yang saat itu dikenal punya keahlian mampu membuat rancang bangun sebuah desain bangunan.

Vikaris Apostolik Ketapang Mgr. Gabriel Wilhemus Sillekens CP bersama para penduduk lokal Ketapang. (Dok CP/Repro MH)

6 Januari 1957

Maka, hari penting itu pun tiba.

Tanggal 6 Januari 1957 adalah hari ketika Mgr. Gabriel Wilhelmus Sillekens CP datang ke lokasi calon areal pembangunan Biara OSA di Jl. Pal (kini bernama Jl. Jenderal Sudiman) untuk keperluan acara pemberkatan tiang pancang.

Harap diingat bahwa pada masa itu, bangunan berpondasi beton cakar ayam belum dikenal.

Untuk tiang pancang, digunakan kayu-kayu belian yang kualitasnya sangat berkelas dalam hal ketahanannya “melawan” air.

Berikut ini sejumlah foto dokumen arsip projek pembangunan Biara OSA yang baru di Jl. Pal.

Vikaris Apostolik Ketapang Mgr. Gabriel Wilhemus Sillekens CP bersama rekan memperlihatkan lahan tanah tempat di mana biara OSA akan segera dibangun di Jl Pal (kini Jl. Jenderal Sudiman) di Kota Ketapang. (Dok CP/OSA -Repro MH)



Kerja bakti membangun biara baru OSA di tahun 1957. (Dok OSA/Repro MH)
Kerja bakti memulai projek pembangunan Biara OSA Ketapang di Jl. Pal yang dimulai sejak awal tahun 1957. (Dok OSA/Repro MH)

Kerja serius memasang tiang pancang untuk bangunan Biara OSA Ketapang di awal tahun 1957. (Dok CP-OSA/Repro MH)
Mgr. Gabriel W. Sillekens CP dan suster Pemimpin Biara OSA Ketapang. (Dok CP-OSA/Repro MH)
Biara baru OSA yang selesai dibangun sejak 1957. (Dok OSA/Repro MH)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here