“The Man From U.N.C.L.E”, Daur Ulang Serial Lawas TV

0
1,800 views

BAGI penikmat film-film Hollywood, akronim U.N.C.L.E mungkin tidak sepopuler akronim lainnya, semisal: CIA (Central Intellegence Agency), FBI (Federal Bureau of Investigation) dan SWAT (Special Weapons and Tactics).

Istilah U.N.C.L.E sendiri merupakan singkatan dari United Network Command for Law and Enforcement (Jaringan Serikat Komando untuk Penegakan Hukum), dimana kelompok internasional ini terdiri agen rahasia berbagai negara yang bertugas untuk menjaga ketertiban politik dan hukum di mana saja. Kelompok ini disponsori oleh Amerika Serikat, Uni Soviet, Inggris, Belanda, Yunani, Spanyol, Italia dan Yugoslavia.

Serial televisi 1960-an
Guy Richie merupakan seorang sutradara berkebangsaan Skotlandia, yang muncul dengan karya film pertamanya berjudul The Hard Case (1995). Dua film karyanya yang terkenal berjudul Sherlock Holmes (2009) dan sekuelnya bertajuk Sherlock Holmes: A Game of Shadows (2011). Dua-duanya berkisah tentang agen piawai nan tersohor bernama Sherlock Holmes.

The Man From U.N.C.L.E (2015) merupakan adaptasi salah satu serial televisi yang pernah populer di era 1960-an dengan judul yang sama. Meskipun diangkat dari serial televisi yang berjaya hampir setengah abad silam, kepiawaian sutradara Guy Richie patut diacungi jempol dalam karya terbarunya ini.

Dibintangi oleh Henry Cavill (Napoleon Solo), Armie Hammer (Illya Kuryakin) dan Alicia Vikander (Gaby Teller), The Man From U.N.C.L.E menjadi sebuah tontonan yang tetap menarik untuk disaksikan saat ini.

Di masa lalu, serial The Man From U.N.C.L.E (1964-1968) dikerjakan oleh Ian Fleming. Dalam serial televisi tersebut, dikisahkan dua agen rahasia dari Amerika dan Rusia yang sama-sama bekerja untuk sebuah organisasi bernama U.N.C.L.E demi memerangi organisasi jahat bernama T.H.R.U.S yang berniat menciptakan kekacauan dunia. Napoleon Solo yang berambut hitam kala itu diperankan oleh Robert Vaughn, sedangkan agen rambut pirang bernama Illya Kuryakin diperankan oleh aktor David McCallum.

Karena dibesut dari serial lawas, maka The Man From U.N.C.L.E tetap mempertahankan setting aslinya yang berlatarbelakang Perang Dingin antara Amerika dan Uni Soviet. Bahkan penampilan kedua agen rahasia di film ini pun tetap mengikuti pakem sebelumnya.

Aksi menegangkan diselingi humor
Dalam film ini Napoleon Solo dan Illya Kuryakin ditugaskan untuk menemukan seorang ilmuwan nuklir asal Jerman yang diculik oleh organisasi kriminal yang berniat menciptakan senjata nuklir untuk kepentingan kelompok mereka. Keduanya mendapat petunjuk awal, yaitu berjumpa dengan putri sang ilmuwan yang bernama Gaby Teller yang berdomisili di Berlin Timur.

Poster Film The Man From UNCLEMungkin para penonton akan menduga bahwa kedua agen rahasia ini akan terlibat cinta segitiga dengan Gaby. Namun yang terjadi justru persahabatan di antara ketiganya. Kerjasama yang apik dan harmonis akhirnya menghantarkan Napoleon dan Illyas ke markas organisasi jahat tersebut yang dipimpin oleh Victoria (Elizabeth Debicki), Uncle Rudi (Sylvester Groth), dan Alexander (Luca Calvani).

Tanpa disangka, di depan para pemimpin organisasi jahat itu, Gaby membongkar kedok dua agen rahasia yang semula diajaknya untuk bekerjasama. Penyamaran keduanya diungkap habis-habisan sehingga akhirnya kedua agen itu pun terancam jiwanya.

Akting Henry Cavill, Armie Hammer dan Alicia Vikander dalam The Man From U.N.C.L.E (2015) tampak sama-sama berbobot dan saling mengisi satu sama lain. Bahkan, imej Henry Cavill yang menjadi populer berkat perannya sebagai Superman dalam Man of Steel (2013) berhasil tampil beda di film bergenre aksi, petualangan dan komedi ini.

Meskipun kedua agen rahasia itu berasal dari dua negara yang sedang terlibat Perang Dingin pada zamannya, namun di film ini mereka bahu-membahu satu sama lain dan berkolaborasi ciamik untuk memuluskan tugas yang dibebankan kepada keduanya. Dalam film ini, tidak ada unsur one man show yang biasanya sering kita jumpai dalam film-film produksi Amerika.

Sederet bintang lain yang mendukung film berdurasi 116 menit produksi Warner Bross Pictures ini antara lain: Christian Berkel, Misha Kuznetsov, Jared Harris, dan Hugh Grant.

Yang menambah keseruan The Man From U.N.C.L.E adalah scooring music yang dikerjakan oleh Daniel Pemberton. Sepertinya Guy Richie berharap agar scooring music ini menjadi identitas The Man From U.N.C.L.E, seolah tidak mau kalah dengan francise Mission Impossible maupun trilogi The Lord of The Rings dan The Hobbit, yang semuanya memiliki background musik yang khas.

Selamat menonton! Salam Pustaka Sesawi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here