Tim Spiritualitas Keuskupan Bogor Siap untuk Pelayanan Bantuan Pastoral

0
222 views
Pelayanan pastoral di Paroki Depok Timur oleh Tim Spiritualitas Keuskupan Bogor. (Ist)

TIDAK bisa dipungkiri jika dalam kehidupan menggereja, maka ketergantungan umat Katolik terhadap pastor, romo atau imam masih sangat tinggi, terutama dalam hal pengajaran iman atau hal–hal yang berhubungan dengan rohani lainnya.

Dalam pengajaran yang berhubungan iman harus romo, seminar rohani harus romo, pembimbing retret harus romo, rekoleksi harus romo, pembekalan Pengurus Baru DPP & DKP harus romo dan lain sebagainya.

Tim Spiritualitas Keuskupan Bogor beranggotakan sejumlah kalangan dari berbagai profesi dan bidang keahlian.
Menyapa dan menjadi fasilitator retret dan rekoleksi untuk para mahasiswa Katolik di IPB,

Padahal pertumbuhan jumlah umat Katolik dari waktu ke waktu terus semakin membesar dan ratio ketersediaan romo bagi umatnya dalam pelayanan berbanding terbalik. Artinya, antara kebutuhan melayani dan yang melayani semakin tertinggal, ketersediaan atau pertumbuhan romo baru tidak sebanding dengan kecepatan pertumbuhan umatnya.

Berdasarkan data dapat dikatakan pertumbuhan umat Katolik di Indonesia 6,9 juta (2,91%) pada tahun 2013 dan pada tahun 2016 naik kurang lebih 7 juta orang (hampir 3%) dari jumlah populasi penduduk nasional (data: Cahaya Kristus).

Melihat kondisi seperti itu, maka pada awal Desember tahun 2017 lalu, diinisiasi oleh Mgr. Paskalis Bruno Syukur OFM maka dibentuklah Tim Spiritualitas Keuskupan Bogor.  Ini bertujuan untuk membantu tugas–tugas pastoral romo dalam membina iman umatnya.

Di antaranya adalah:

  1. Membantu memberikan pengalaman rohani yang lebih mendalam kepada para Pengurus Paroki (dari Dewan Paroki hingga Pengurus Lingkungan) dan umat di Keuskupan Bogor khususnya;
  2. Pembekalan bagi para Pengurus Paroki agar memiliki motivasi kasih dalam nelayani umatnya, tidak hanya mampu mengelola paroki secara managerial dan pemanfaatan finansial yang ada, dengan mengandalkan relasi yang baik dengan Tuhan.
  3. Meminimalisir atau bahkan menghilangkan konflik-konflik yg tidak perlu di setiap paroki dengan semangat kasih dan pengorbanan.
  4. Membimbing retret, rekoleksi, dll.
  5. Mendampingi, melayani Retret dan rekoleksi unt kelompok2 kategorial di Paroki serta warga umat beriman baik dalam satu wilayah maupun dalam satu lingkungan, agar seluruh umat beriman mempunyai pengalaman rohani dan mempunyai hubungan yang akrab serta mesra dengan Tuhan sesuai ajaran Kitab Suci.
Pembekalan materi iman oleh Tim Spiritualitas Keuskupan Bogor untuk pengurus Paroki Sukaraja.
Pelayanan untuk Paroki Serang, Provinsi Banten.

Peran imam

Tim Spiritualitas ini tentu saja bukan untuk menggantikan peran romo dalam membina iman umatnya, namun justru membantu romo sebab peran serta romo masih sangat diperlukan.

Para anggota, sebelum bergabung dalam komunitas ini,  terlebih dahulu mendapat pendidikan–pendidikan yang berhubungan dengan hal–hal spiritualitas dari lembaga–lembaga pelatihan yang terpercaya.

Mereka berasal dari berbagai macam latar belakang. Ada yang imam, ibu rumahtangga, karyawan swasta, eksekutif perusahaan, pemilik perusahaan, pengusaha, pedagang, dosen, wiraswasta.

Semuanya masuk kategori orang–orang sibuk, namun mau meluangkan waktu untuk melayani umat dalam hal kebutuhan rohaninya.

Selama ini Tim Spiritualitas Keuskupan Bogor telah melayani ke berbagai paroki.  Misalnya seperti layanan di  Paroki St. Paulus Depok, St. Andreas Ciluar, Kristus Raja Serang, St. Petrus Cianjur, St. Markus Depok Timur, Mahasiswa Katolik Institut Pertanian Bogor dan St. Fransiskus Asisi Sukasari.

Rata–rata bidang yang mereka layani adalah pembekalan Pengurus DPP dan DKP Paroki. Kepada  mahasiswa Katolik IPB, mereka menjadi fasilitator rekoleksi dengan tema “Catholic Youth Leadership”.

Siap untuk pelayanan 

Pada dasarnya, pelayanan Tim Spiritualitas Keuskupan Bogor ini tidak hanya terbatas di Keuskupan Bogor saja.

Mereka juga mengaku siap  melayani Keuskupan–keuskupan lain di mana tim ini siap berangkat untuk misi pelayanan.

Pembekalan untuk para pengurus DPP DKP Paroki Fransiskus Xaverius Sukasari di Bogor.
Rekoleksi internal tim SKB Keuskupan Bogor.

Selain melayani  retret dan pembinaan iman lainnya,  tim ini juga tengah menyiapkan sebuah buku berhubungan dengan tema motivasi melayani umat.

Tim ini siap membantu para Romo Paroki dalam pembinaan iman bagi para pengurus paroki mulai dari Dewan hingga pengurus Lingkungan.

 

Materi pembinaan Motivasi Pelayanan

Untuk materi retret, rekoleksi atau lainnya yang berhubungan dengan masalah motivasi pelayanan,  Tim Spiritualitas Keuskupan Bogor  siap memberi paket materi berhubungan tugas pengutusan umat Katolik. Ini demi bisa memperkuat iman kepada  Kristus, belajar menjadi pemimpin seperti Yesus, lancar berkomunikasi, mempertajam visi dan misi organisasi, dan lainnya.

Narahubung

Jika ada yang membutuhkan bantuan pelayanan, silakan mengontak para narahubung berikut ini:

  1. Hubertus Suprashartono: 0877 8110 0119.
  2. Michael Indra W: 0812 1100 699.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here