UKM Kerohanian Katolik di Unair: Algonz Charity Anniversary

0
63 views
KMK St. Aloysius Gonzaga Unair selengarakan Algonz Charity. (Ist)

ADA banyak peran UKM Kerohanian Katholik bagi para anggotanya. Selain untuk menguatkan hubungan pada Tuhan dan alam semesta, terdapat banyak aspek yang juga diasah. Anggota UKM Katolik juga digembleng untuk berkontribusi kongkret pada masyarakat, berpikir kreatif dan juga berinisiatif positif.

KMK St. Algonz adalah UKM Kerohanian Katolik di Universitas Airlangga. KMK St. Algonz merupakan wadah untuk mahasiswa Katolik UNAIR untuk melakukan kegiatan religius dan non religus.

Kedua kegiatan ini diperlukan dalam kelangsungan hidup KMK St. Algonz sendiri agar mahasiswa yang terhimpun dalam UKM ini tidak semata-mata hanya ahli dalam satu kemampuan soft skill saja, melainkan terampil pada seluruh aspek baik hubungan dengan Tuhan maupun sesama manusia.

ACA

Kegiatan religius dan non religius dalam KMK St. Algonz sangat beragam. Salah satu kegiatan non religius yang sudah terlaksana adalah ACA (Algonz Charity Anniversary).

ACA merupakan kegiatan kemanusiaan dalam rangka memperingati ulang tahun KMK St. Algonz.

ACA telah dua kali dilaksanakan oleh KMK St. Algonz pada tahun 2017 dan tahun 2018. Kegiatan ini merupakan kegiatan sukarela yang dijalani oleh pengurus serta mahasiswa baru angkatan 2018 yang memilih KMK St. Algonz menjadi tempat untuk magang UKM.

Tidak hanya pengurus dan mahasiswa baru, ACA juga membuka kesempatan bagi para volunteer untuk dapat membantu kelangsungan acara ini.

ACA 2018 dilaksanakan sebulan penuh pada tiap akhir pekan dari tanggal 6 hingga 27 Oktober 2018. Acara ini berlokasi di SMP Santo Mikael, Perak, Surabaya. Kegiatan ini ditujukan kepada siswa kelas IX yang akan menghadapi Ujian Nasional di tahun 2019. Disini para mahasiswa memberikan waktu dan tenaganya untuk mengajar matematika kepada para siswa kelas IX yang akan mengikuti ujian nasional agar lebih siap dan dapat memahami pelajaran-pelajaran dan trik baru dalam mengerjakan soal matematika.

 

“Saya senang dengan adanya kegiatan bimbel bersama kakak-kakak dari UNAIR karena menurut saya kakak-kakak mengajarnya lebih santai dan sabar,” ujar Christin, siswa SMP Santo Mikael.

Tidak hanya dalam bentuk mengajar salah satu pelajaran sekolah, ACA 2018 juga diisi dengan games yang dapat membuat para siswa dan tim dari KMK St. Algonz menjadi lebih mengenal satu dengan yang lain. Pada akhir acara, teman-teman dari KMK St. Algonz juga mengisi sesi motivasional tentang potensi diri untuk siswa SMP Santo Mikael.

Tahun ini, UKM Katollik memiliki beberapa kegiatan dan event.

Selain acara ACA, KMK St. Algonz juga menyelenggarakan acara welcome party, yaitu acara untuk menyambut mahasiswa baru 2018. Kemudian ada acara upgrading untuk para panitia dan angkatan sebelumnya agar relasi mereka tetap akrab dan semakin berkembang.

Tahun ini, UKM Katolik juga merayakan ulang tahun nya yang ke 25+1 dengan musyawarah pemilihan ketua KMK Santo Algonz 2019. Ada juga agenda seperti latihan rutin olahraga, paduan suara dan ibadat setiap bulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here