Waktu Kronos dan Khairos

0
129 views
Ilustrasi: Waktu. (Ist)

DALAM kehidupan ini, ada banyak hal yang kita raih, ada banyak kesuksesan yang kita gapai. Tapi semuanya itu bersifat sementara. Tidak kekal. Ada waktunya semuanya itu akan dihancurkan dan dimusnahkan.

Inilah waktu “Kronos”. Segala sesuatu akan berakhir dan musnah. Hal ini sudah disampaikan Yesus ribuan tahun lalu, ketika orang memuji kemegahan bangunan Bait Allah di Yerusalem: “Akan tiba harinya, segala yang kalian lihat ini akan diruntuhkan …” (Lukas 21:5-11).

Kepada para murid dan kita sekalian, Yesus menjelaskan tentang masa yang akan datang itu dan tanda-tanda yang menyertainya. Dengan penjelasan itu sebenarnya, Tuhan Yesus mengingatkan para murid dan kita sekalian bahwa hidup sebagai murid-Nya itu tak pernah berhenti.

Kehidupan seorang murid Yesus harus mencerminkan dinamika yang mengembangkan kehidupan itu sampai kepada kepenuhannya. Meskipun mengalami tantangan, bahkan nyawa jadi taruhan, hidup para murid musti diisi dengan perbuatan baik.

Maka dari para murid dituntut ketekunan, ketabahan dan terutama kesetiaan dan kesiapsiagaan. Inilah waktu “khairos”, waktu rahmat, saat penyelamatan yang musti diterima dan diisi dengan gembira. Hidup seorang murid Yesus musti berarti dan bermakna bagi sesama.

Doaku: Ya Tuhan Yesus, ajarilah saya mengerti tanda-tanda zaman ini, agar saya kuat bertahan dalam kesetiaan dan kesiapsiagaan menantikan hari penyelamatan-Mu itu. Amen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here