Walikota Pontianak Buka Kegiatan Sporta Ekskul 2019 di Persekolahan Suster

0
155 views
Walikota Pontianak bersama tim drum band SMP Suster dan Penari Tidayu SD Suster usai opening ceremony. (Sr. Maria Seba SFIC)

AJANG kejuaraan olahraga cabang bola basket antarpelajar dan mahasiswa terbesar di Kalimantan Barat yang diampu oleh Sporta Indonesia  2019 kembali  digelar. Program acara tahunan yang diberi nama Sporta Ekskul ini bertujuan untuk meningkatkan sportifitas dan prestasi generasi milenial di kancah perbasketan Indonesia.

Segenap pecinta basket

Sporta Ekskul merupakan komunitas khusus olahraga basket kaum muda yang menerapkan konsep weekend diluar jam sekolah yakni  diadakan setiap  hari Sabtu dan Minggu. Selain tidak mengganggu jam sekolah, para pelajar dan mahasiswa juga memiliki waktu yang fokus untuk mengikuti kompetisi olahraga basket ini.

Wadah untuk mengembangkan bakat para generasi muda pecinta olahraga basket kali ini diselenggarakan di aula outdoor persekolahan Suster Pontianak yang akan berlangsung dari tanggal 2 Maret  hingga 27 April 2019 mendatang. Kegiatan yang mengusung tagline “Support Your Talent” ini diadakan untuk memperebutkan Piala Walikota Pontianak dan Piala Kapolres Pontianak.

Opening Ceremony secara simbolik oleh Walikota Pontianak dengan memukul gong.

Walikota Pontianak membuka

Hadir untuk membuka kegiatan ini Walikota Pontianak, Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, M.M.,M.T didampingi isteri, Dr. Hj Janieta Arbiastutie.

Turut berada di lokasi menghadiri acara ini adalah:

  • Kapolresta Pontianak: Kombes Pol M. Anwar Nasir.
  • Kasat Lantas Pontianak: Kompol Syarifah Salbiah.
  • Ketua Umum Sporta Indonesia; Ongki Lesmana, S.S.T.
  • Ketua Tim Peduli Pendidikan Keuskupan Agung Pontianak (TPP), Juliana Sujadi,.
  • Provinsial Kongregasi SFIC: Irene dan para suster SFIC yang berkarya di Persekolahan Suster Pontianak.

Opening ceremony yang dimulai pukul 16.00 WIB ini diawali dengan penampilan drum band SMP Suster, disusul dengan tarian tiga etnis yakni Tionghoa, Dayak dan Melayu (Tidayu) SD Suster, doa pembukaan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Setelah itu, Walikota Pontianak, Ir. H.Edi Rusdi Kamtono, M.M.,M.T secara resmi membuka pekan pertandingan olahraga basket ini secara simbolik dengan memukul gong.

53 tim basket

Menurut Ketua Umum Sporta Indonesia, Ongki Lesmana, kegiatan Sporta Ekskul 2019 ini akan diikuti oleh 53 tim basket yang terdiri dari tingkat SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi yang ada di Pontianak.

“Adapun tim basket yang akan bertanding  yakni 6 tim kategori SD, 16 tim kategori SMP, 23 tim kategori SMA/SMK dan 8 tim kategori mahasiswa,” ungkapnya.

Provinsial SFIC, Sr. Irene menandatangani deklarasi Milenial Road Safety menuju zero accident.

Provinsial Kongregasi  SFIC Sr. Irene dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan Sporta Indonesia memilih Persekolahan Suster sebagai tuan rumah ajang kompetisi bola basket Sporta Ekskul 2019.

“Kongregasi SFIC sangat mendukung dan  terbuka dengan kerjasama yang positif  seperti ini dan saya berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan tentunya akan memberikan pengaruh yang positif bagi generasi muda kita untuk terus berprestasi khususnya di cabang olahraga basket,” ungkapnya.

Tim bola basket kategori mahasiswa Prodi Ekonomi Untan vs POLTEQ.

Kaum millenial

Ajakan untuk terus meningkatkan prestasi bagi kaum millenial juga disampaikan oleh Kapolresta Pontianak, Kombes Pol M. Anwar Nasir.

Menurut Kombes Pol Anwar, kaum milenial sebagai generasi bangsa, perlu memanfaatkan waktu dengan hal-hal yang positif salah satunya adalah dengan olahraga basket. D isamping itu, pula mereka perlu mendapat edukasi tertib berlalu lintas untuk menjadi pelopor keselamatan.

“Dengan Program Save Our Student menuju zero accident yang dicanangkan bersama Walikota Pontianak, saya berharap generasi muda ini memiliki kepekaan terhadap keselamatan diri sendiri dan sesama,” ungkapnya.

Walikota Pontianak, Ir. H.Edi Rusdi Kamtono, M.M.,M.T juga memilki harapan  agar melalui kegiatan ini akan mencetak generasi millenial yang cerdas, sehat, kuat dan bermutu serta berprestasi. Prestasi bukan hanya bisa kita raih melalui akademik saja tetapi melalui kompetisi olahraga.

“Mari kita bersama-sama mendukung mereka agar menjadi generasi olahragawan yang siap mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah dunia,” ungkapnya.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan pertandingan pembuka kategori mahasiswa dan SMA/SMK sebagai berikut:

  • Prodi Ekonomi UNTAN vs POLTEQ.
  • SMA YPK vs SMK Immanuel 2B.
  • SMAN 2A vs SMAN 1B.
  • SMA Al-Azhar vs SMK Immanuel 1A.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here