13 Kardinal Baru, Satunya Mgr. Cornelius Sim dari Brunei

0
411 views
Mgr. Cornelius Sim dari Vikariat Apostolik Brunei dalam sebuah acara dengan para suster SFIC Pontianak. (Sr. Maria Seba SFIC)

AKAN ada 13 kardinal baru. Sembilan Kardinal masih berumur di bawah 80 tahun. Salah satunya adalah Pastor Mauro Gambetti, Kustodian Ordo Fransiskan Konventual OFMConv) di Asssi.

Lainnya adalah Pastor Mario Grech dari Malta dan Pastor Marcello Semeraro dari Italia, keduanya bekerja di lingkungan Curia Vaticana.

Lalu, Mgr. Antoine Kambanda (Uskup Keuskupan Agung Kigali, Rwanda); Mgr. Wilton Gregory (Uskup Keuskupan Agung Washington); Mgr. Jose Fuerte Advincula (Uskup Keuskupan Capiz di Filipina); Mgr. Celestino Aós Braco. (Uskup Keuskupan Agung Santiago di Chile), dan Mgr. Cornelius Sim (Vikaris Apostolik Brunei); Mgr. Augusto Paolo Lojudice (Uskup Keuskupan Agung Siena, Italia).

Mereka yang sudah berumur di atas 80 tahun adalah: Mgr. Felipe Arizmendi Esquivel (Uskup Emeritus San Cristóbal de Las Casas di Mexico; Mgr. Silvano Tomasi (mantan Nuntio di Kantor PBB Jenewa, Swiss), Pastor Raniero Cantalamessa (lingkaran dalam Vatikan), dan Pastor Enrico Feroci.

Tiga Kardinal dari Fransiskan

Dua Fransiskan Kapusin menjadi Kardinal: Mgr. Celestino Aos Braco OFMCap dan Pastor Raniero Cantalamessa OFMCap.
Kardinal Mauso Gambetti OFMConv: sebelum jadi imam adalah seorang insinyur teknik.

Dari 13 Kardinal ini, ada tiga orang berasal dari Ordo Fransiskan. Dua Fransiskan Kapusin dan satu orang Fransiskan Konventual.

Yang Fransiskan Kapusin adalah Mgr. Celestino Aos Braco OFMCap (Uskup Agung Santiago, Chile) dan Padre Raniero Cantalamessa OFMCap (Pengkotbah Kepausan). Sedangkan yang Fransiskan Konventual adalah Pastor Mauro Gambetti OFMConv.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here