5KM Joyful Run: Bhinneka Tunggal Ika Bergema di Semarang

0
825 views
Meriahnya acara 5KM Joyful Run di Semarang dimana OMK turut berpartisipasi memeriahkannya.


TANGGAL  18 Desember 2016 bertempat di GOR Trilomba Juang, Semarang diselenggarakan 5KM Joyful Run. Acara ini diikuti hampir 10.000 ribu orang, bukan hanya umat Katolik namun juga masyarakat umum, lintas iman dan etnis.

Ada banyak tokoh yang turut hadir dan berlari dalam acara ini, di antaranya Ketua DPRD Jawa Tengah Rukma Setiabudi, petinju Chris John, Rm. FX Sukendar Pr, Rm. Ignatius Aria Dewanto SJ, Rm. Ignatius Triatmoko MSF, dan masih banyak lagi.

Acara ini semakin meriah lewat penampilan dari band-band lokal, DJ KMKZ, penyanyi Citra Scholastika, Rm. Aloys Budi Purnomo Pr yang berkolaborasi dengan tarian sufi, Rm. Sugihartanto Pr. serta MC Donna Agnesia dan Ananda.

OMK Semarang ikut memeriahkan acara 5 KM Joyful Run di Semarang, 18 Desember 2016.

Ketua DPRD Jawa Tengah, Rukma Setiabudi sangat mengapresiasi terselenggaranya acara ini. “Di sini, betul-betul kita rasakan semangat  Bhinneka Tunggal Ika. Walaupun kita mungkin tidak satu suku, satu kepercayaan, satu agama, tetapi kita semua adalah Indonesia. Inilah yang harus kita pupuk dan kita jaga khususnya untuk Jawa Tengah. Luar bias.  Dengan acara seperti ini rakyat menjadi sehat, negara menjadi kuat,” tegas Rukma.

Ia juga memberikan trophy Ketua DPRD kepada komunitas dengan peserta terbanyak. Komunitas dengan peserta terbanyak dimenangkan oleh Paroki Lampersari, Materdei, Semarang.

Semangat Bhinneka Tunggal Ika, meski berbeda keyakinan namun sama-samma sebagai warga bangsa Indonesia senantiasa menjaga kerukunan dan semangat cinta keberagaman.

Acara publik

5KM Joyful Run bukan hanya acara bagi umat Katolik, namun bagi masyarakat umum. Hal ini nampak dari begitu banyak masyarakat dari lintas iman dan etnis yang hadir dalam acara ini.

Di sela-sela acara dilakukan talkshow singkat bersama para tokoh agama dan FKUB. Semua yang hadir sepakat untuk senantiasa memelihara kerukunan antar umat beragama dan menjalin persaudaraan dengan semua lapisan masyarakat. Acara ini menjadi bukti nyata bahwa NKRI dan Kebhinnekaan senantiasa dipelihara dengan baik untuk menciptakan kedamaian.

Wajah-wajah ceria OMK Semarang di balik suksesnya acara 5KM Joyful Run.

Yang menarik dari 5KM Joyful Run adalah kontribusi Orang Muda Katolik (OMK) dalam acara ini. Mereka berasal dari berbagai unsur antara lain volunteer AYD, Kokerma, CBC, dan OMK Paroki.

OMK sengaja dilibatkan dalam acara ini untuk memupuk semangat dalam rangka menyambut AYD 2017. Kebersamaan dan kerja keras anak muda ini sangat diapresiasi oleh para romo maupun umat. Harapannya, semangat ini terus berkobar karena anak muda adalah masa depan Gereja.

Vincent Suriadinata -Volunteer AYD 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here