60 Tahun Konsili Vatikan II, IKAFITE Gelar Acara di Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma

0
286 views
IKAFITE gelar acara puncak peringatan 60 Tahun Konsili Vatikan II di kampus Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma, Sabtu 15 Oktober 2022. (Dok. Ikafite)

TAHUN 2022 ini -tepatnya tanggal 15 Oktober mendatang- Gereja Katolik Semesta akan merayakan 60 tahun Konsili Vatikan II.

Peristiwa penting dalam sejarah Gereja Katolik Semesta ini telah melahirkan dampak positifnya yang luar biasa dan dalam banyak hal telah mengubah “wajah” Gereja Katolik.

Utamanya, sebagai contoh, dibukanya pintu selebar-lebarnya bagi kaum awam yang kini boleh ikut berperan mengurusi Gereja. Juga perubahan tatacara liturgi misalnya penggunaan bahasa daerah dan simbol-simbol budaya lokal.

Logo peringatan 60 Tahun Konsili Vatikan II besutan IKAFITE (Ikatan Alumni Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta)

IKAFITE Universitas Sanata Dharma

Kardinal Suharyo dalam sebuah kesempatan mengatakan, hendaknya Gereja Katolik Indonesia berprakarsa membuat kegiatan peringatan 60 tahun Konsili Vatikan II.

Tidak perlu harus berkutat lagi pada dokumen-dokumen hasil konsili, melainkan lebih pada praksis nyata atas berbagai efek positif yang telah terjadi di Gereja Katolik pasca Konsili Vatikan II.

Gagasan itu kemudian ditangkap dan dilaksanakan oleh IKAFITE (Ikatan Alumni Mahasiswa Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma) – di mana banyak frater calon-calon imam dari lintas diosesan dan tarekat religius serta para bruder dan suster lintas tarekat menempuh studi teologi di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Bersama Komunitas Diaspora Katolik

Dalam rangka peringatan 60 tahun Konsili Vatikan II, IKAFITE ingin menggelar Perayaan Ekaristi syukur secara hybrid: luring dan daring. Akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 15 Oktober 2022.

Acara puncak peringatan 60 tahun Konsili Vatikan II di kampus Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Sabtu 15 Oktober 2022. (Dok. Ikafite)

Pada hari yang sama, IKAFITE juga mengadakan sarasehan bersama tokoh Katolik dan lintas iman usai Perayaan Ekaristi.

Prosesi misa bersama dua uskup alumni dan para imam alumni Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma serta acara sarasehan tersebut nantinya akan ditayangkan secara live streaming melalui channel YouTube Majalah Hidup dan Komisi Komsos Keuskupan Agung Semarang.

Para narasumber dalam sarasehan bertema peringatan 60 tahun Konsili Vatikan II di kampus Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Sabtu 15 Oktober 2022. (Dok. Ikafite)

Lokakarya menulis dan konten berita audio-visual

Sebelum kedua acara tersebut, tanggal 13-14 Oktober 2022 IKAFITE akan menggelar program lokakarya menulis dan pembuatan konten berita audio-visual.

IKAFITE dan Fakultas Teologi USD ingin mengajak para penggiat komsos paroki-paroki di sekitaran DIY dan para rohaniwan-rohaniwati ikut dalam gelaran lokakarya ini. Agar masing-masing bisa meningkatkan kapasitas dalam kemampuannya dalam menulis berita baik dan menggunakan HP untuk membuat konten berita positif.

Donasi publik

Kami membuka kesempatan untuk siapa saja yang ingin berkontribusi mau menyukseskan acara peringatan 60 Tahun Konsili Vatikan II tanggal 15 Oktober 2022. Untuk misi mulia tersebut, berikut ini cara praktisnya dengan transfer ke:

  • Rekening resmi IKAFITE di Bank Mandiri Norek 121-00-1055375-2 a.n. Ikatan Alumni Filsafat Teologi Sanata (Dharma).
  • Rekening resmi IKAFITE di BCA Norek 7335-900-600 a.n. Ikatan Alumni Filsafat Teologi Sanata (Dharma).
  • Berita: Konsili Vatikan II.
  • Narahubung: Mathias Hariyadi 0812-1214-8336.

Gratia supplet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here