Program Beasiswa Pemapan untuk Mahasiswa Katolik dari Yayasan Bhumiksara

0
2,244 views

YAYASAN Bhumiksara  berkedudukan di Jakarta tahun 2016 ini kembali membuka Program Beasiswa Pemapan (Pemimpin Masa Depan) untuk jenjang S-1 tahun 2016.

Program Beasiswa Pemapan ini hanya tersedia untuk sembilan mahasiswa-mahasiswi. Ini pun hanya untuk  para mahasiswa-mahasiswi Indonesia yang kini tengah berkuliah di lima perguruan tinggi negeri: Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Airlangga (UNAIR).

Pemapan

Program Beasiswa Pemapan bertujuan mempersiapkan para pemimpin muda katolik yang unggul dalam kompetensi, berbela rasa, dan teguh dalam spiritualitas kristiani. Berbagai kompetensi yang diharapkan terbentuk dari calon penerima Program Beasiswa Pemapan dari Yayasan Bhumiksara pada tahun 2016 ini meliputi:

  • Punya jiwa kepemimpinan.
  • Memiliki kepedulian sosial.
  • Mampu menjalin hubungan dengan semua kalangan dari berbagai elemen sosial di masyarakat.
  • Bersemangatkan spiritualitas kristiani.

Peserta Program Beasiswa “Pemapan” Yayasan Bhumiksara akan menerima  beasiswa dalam bentuk bantuan dana pendidikan sebesar Rp 6.000.000,00 (enam juta rupiah) per semester dan akan diikutsertakan dalam berbagai sesi program pendampingan.

Syaratnya tidak rumit. Antara lain, nilai indeks prestasi akademik tiap semester minimal 3,00 dan terlibat aktif dalam minimal dua kegiatan sosial yang dilaksanakan di dalam atau di luar kampus.

Dua tahapan seleksi

Proses seleksi bagi para kandidat pelamar Program Beasiswa Pemapan dari Yayasan Bhumiksara ini akan berlangsung dalam dua tahapan.

  1. Pertama adalah seleksi administrasi dengan meneliti semua dokumen pemberkasan formulir yang telah diisi para calon dan telah masuk ke Yayasan Bhumiksara.
  2. Kedua adalah wawancara langsung dan tes.

Komponen administrasi yang menjadi perhatian penilaian adalah kemampuan akademik, kondisi ekonomi keluarga, asal daerah, prestasi yang dimiliki, kegiatan sosial yang diikuti, dan penilaian atas tulisan esai yang dibuat.

Hanya mahasiswa katolik

Pendaftaran terbuka untuk seluruh mahasiswa katolik, baik yang berasal dari Jawa maupun yang berasal dari luar Jawa. Mahasiswa dari luar Jawa yang berasal dari keluarga dengan ekonomi terbatas akan diprioritaskan.

Para pelamar yang dinyatakan telah lolos seleksi Tahap I akan dipanggil untuk mengikuti serangkaian tes dan wawancara di Jakarta. Ini hanya berlaku untuk para  pelamar dari UI, ITB, IPB.

Sedangkan  serangkaian tes dan wawancara untuk para mahasiswa pelamar dari  UGM dan UNAIR akan dilakukan di Yogyakarta.

Proses administratif

Pada saat wawancara, peserta diminta membawa berkas untuk diverifikasi isian formulir pendaftarannya berikut semua berkas pendukung lainnya.

Formulir pendaftaran dan pertanyaan berkaitan dengan Program Beasiswa Pemapan Yayasan Bhumiksara  ini bisa diperoleh dengan mengirimkan email ke pemapan@gmail.com.

Formulir yang sudah diisi wajib dikirim kembali melalui alamat  email  yang sama di atas.

Batas akhir pendaftaran

Batas akhir pendaftara adalah tanggal 21 September 2016.

Silakan informasi ini disebarluaskan ke jaringan komunitas-komunitas katolik.

Agenda program

  • Tenggat waktu masa pendaftaran: 11 Agustus – 21 September 2016.
  • Pengumuman seleksi Tahap I: 5 Oktober 2016.
  • Tes dan wawancara: 22-23 Oktober 2016.
  • Pengumuman final: 31 Oktober 2016.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here