83 Tahun Kongregasi Suster MASF dan Pembaruan Kaul Para Suster

0
151 views
HUT ke-83 Kongregasi Suster MASF.

PESTA ulang tahun Kongregasi MSF ke-83 dirayakan di Paroki Keluarga Suci, Tering, Kutai Barat, hari Jumat, 26 Juni 2020 pekan lalu.

Pendirian Kongregasi MASF bermula di Tering. Ketika Jenderal MSF waktu itu, Pater Antonius Trampe MSF, berkunjung ke daerah misi MSF yang berpusat di Tering Kalimantan Timur.

Para misionaris MSF berkarya di sana meminta tenaga para suster untuk menangani karya kesehatan yang waktu itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat.

Pater Trampe MSF mencoba mencari para suster yang mau membantu karya para imam MSF. Namun, saat itu, tidak ada Kongregasi suster yang bersedia menanggapi permintaan itu.

Tergerak oleh dorongan Roh Kudus dan menjawab kebutuhan misi di Kalimantan, Pater Trampe lalu mendirikan Kongregasi Adorasi Abadi yaitu MASF di Barloo, Belanda.

Beberapa tahun kemudian, tenaga para suster kongregasi MASF dikirim ke tempat misi MASF. Dan salah salah di Kalimantan dan mulai berkarya di Rumah Sakit di Tering.

Bersamaan dengan perayaan HUT ke-83, lima suster Yunior MASF memperbaharui kaul-kaulnya. Mereka ini adalah Sr. Leoni MASF, Sr. Lusinda MASF, Sr. Elisabeth MASF, dan Sr. Maria MASF, Sr. Magdaleni MASF.

Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Romo Daniel Rusen MSF. Romo Rusen mengajak para suster untuk setiap mengejar kekudusan di tengah tantantan dunia zaman now.

HUT ke-83 MASF dan pembaharuan kaul para suster dirayakan sederhana, karena pandemi Covid-19. Meski demikian, hal ini sangat bermakna karena dirayakan di tempat sangat bersejarah bagi MASF.

Demikian kata Pemimpin Umum Kongregasi MASF: Sr Martha MASF.

Sr Martha juga bersyukur atas perhatian dan kerjasama antara para misionaris MSF dan Kongregasi MASF.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here