Adventus, Menanti Tuhan Kekasih Hati

0
502 views
Ilustrasi Masa Avent (ist)

KITAB Kidung Agung 2:8-14 melukiskan tentang seorang puteri yang menantikan kedatangan kekasih hatinya. Kitab Kidung Agung mau melukiskan tentang manusia yang rindu menantikan kedatangan Tuhan sebagai seorang kekasih hati.

Masa adventus adalah masa kita umat beriman menantikan kedatangan kekasih hati kita, Yesus Kristus. Yang dibutuhkan adalah keterbukaan hati kita intuk menanggapi kehadiran Tuhan melalui firman-Nya dan Ekaristi.

Injil Lukas 1:39-45 menceritakan kisah perjumpaan penuh sukacita antara Maria dan Elisabeth. Bunda Maria berbagi sukacita dengan Elisabeth. Bahkan anak dalam kandungan Elisabeth melonjak kegirangan, karena dia berjumpa dengan Yesus kekasih hatinya yang ada dalam kandungan Maria. Keterbukaan hati Maria dan Elisabeth membawa sukacita.

Sukacita musti dibagi-bagi agar menjadi besar. Yang dibutuhkan dari pihak manusia dalam menantikan kedatangan Yesus Kekasih hati adalah hati yang terbuka dan tanggap akan sapaan Allah melalui Firman-Nya dan Ekaristi.

Doaku: Ya Tuhan, bukalah hatiku, agar saya peka dan tanggap akan kehadiran Yesus Putera-Mu, Kekasih hatiku melalui Firman dan Ekaristi. Datanglah ya Tuhan Yesus, Kekasih hatiku. Amen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here