Alat Komunikasi untuk Kabarkan Kebaikan

0
1,654 views

ZAMAN dulu, luas dunia hanya sebatas batas pandang. Sejauh-jauh mata memandang, itulah luas dunia seseorang. Hidup orang pun terbatas. Jelajah orang pun terbatas.

[media-credit name=”google” align=”alignright” width=”300″][/media-credit]Orang yang hidup di daerah pegunungan mengalami diri dibatasi oleh punggung gunung. Akibatnya, mereka membangun bahasa dan budaya sendiri. Mereka terisolasi di daerahnya sendiri. Komunikasi dengan dunia luar sangat terbatas.

Kini, isolasi telah hilang
Namun kini dunia ini tanpa batas. Isolasi telah hilang. Komunikasi telah menembus gunung-gunung terjal. Orang bisa berkomunikasi dengan sesamanya dari berbagai daerah. Orang bisa saling menolong melalui komunikasi yang super canggih di zaman modern ini.

Hadirnya internet semakin membantu manusia untuk saling berkomunikasi. Situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter kini membuka komunikasi yang semakin dalam antarmanusia. Seolah-olah tidak ada jurang lagi antarmanusia.

Orang dari kelompok mana saja bisa bergabung dalam sebuah komunitas bernama Facebook atau Twitter. Orang dapat mengungkapkan pendapat dan pandangan hidupnya.

Dunia yang semakin tanpa batas ini disikapi penyanyi Glenn Fredly (35) sebagai keuntungan. Ia memanfaatkan Facebook dan Twitter sebagai sarana komunikasi dengan penggemar. Ketika menyelesaikan jumpa pers untuk konser jazz di Surabaya, Jawa Timur, April tahun 2010 lalu dan berpose untuk para fotografer, Glenn sigap mengambil gambar para
pewarta foto melalui telepon selulernya. Tentang hal ini, ia berkata, ”Langsung saya upload dan banyak yang nge-twit.”

Menurutnya, suka atau tidak, jaringan internet mengikis batas. Ketimbang didiamkan, lebih baik fasilitas dan keterbukaan ini digunakan untuk berbagi. Ia berkata, ”Jadi, jejaring sosial mengubah industri musik juga. Kalau dulu industri harus membangun fans, sekarang membangun komunitas.”

Tuhan telah menciptakan sarana-sarana itu untuk membangun persaudaraan dalam hidup.”

Dunia tanpa batas
Sahabat, dunia internet yang membuka dunia menjadi sebuah dunia tanpa batas, mesti digunakan sebaik-baiknya. Internet dapat menjadi sebuah sarana untuk membangun persaudaraan. Untuk itu, sarana ini mesti disikapi sebagai sesuatu yang memberikan dampak positif bagi kehidupan.

Kita masih ingat pengumpulan sejuta dukungan untuk ketua dan wakil ketua KPK tahun lalu. Begitu banyak dukungan yang diberikan melalui Facebook dan Twitter. Dukungan itu datang begitu saja. Dukungan itu digalang sedemikian rupa untuk memperjuangkan keadilan dan kebenaran.

Karena itu, internet beserta jejaring sosialnya mesti digunakan untuk mengeksploitasi hal-hal yang baik bagi kehidupan. Tugas setiap orang beriman adalah menggunakan alat-alat komunikasi yang ada untuk mengabarkan kebaikan Tuhan dalam hidup manusia.

Ketika alat-alat komunikasi itu dipakai dengan baik, nama Tuhan dimuliakan dalam hidup manusia. Tuhan telah menciptakan sarana-sarana itu untuk membangun persaudaraan dalam hidup. Tuhan memberkati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here