Antusiasme Umat Katolik Bandung Meriahkan Ibadat Trihari Suci

0
77 views
Latihan koor di Ruang Musik Rumah Retret Ursulin Bandung sebelum bertugas di Ibadat Jumat Agung di Kapel Biara Ursulin St Angela Bandung. (Titch TV/Mathias Hariyadi)

JANGAN tanya soal antuasiasme umat Katolik Indonesia. Di mana pun sama: totalitas dalam pelayanan tanpa pamrih. Termasuk kelompok koor yang didapuk harus tampil mengiringi ibadat liturgis gerejani.

Lihat saja di Bandung selama prosesi ibadat liturgis Trihari Suci. Utamanya kelompok paduan suara atau koor. Setiap grup paduan suara tampak antusias ingin “manggung” di serial ibadat liturgi Trihari Suci ini.

Semangat tanpa pamrih

Semangat pelayanan tanpa pamrih itu misalnya terlihat di dua tempat. Yakni, di Ruang Musik Rumah Retret Ursulin di Jl. Supratman No. 1 Bandung dan di Wisma Borromeus di Jl. Suryakencana Bandung.

Hari Jumat petang tanggal 29 Maret pekan lalu, beberapa jam sebelum Ibadat Jumat Agung mulai pukul 17.00 WIB di Kapel Biara Ursulin St. Angela, beberapa umat lintas profesi dan usia tampak “minggir” dari keramaian. Untuk preparasi dengan latihan pemanasan di Ruang Musik Rumah Retret Ursulin Bandung. Dilakukan sebelum mereka tampil mengiringi Ibadat Jumat Agung di kapel biara Ursulin ini.

Hal sama juga terjadi di ruang terbuka. Persis di ujung anak-anak tangga di Wisma Borromeus di belakang Susteran CB Jl. Imam Bonjol No 3-5 Kota Bandung.

Di bawah suasana panas yang terik, kelompok koor ini tampil bersemangat untuk mengiringi liturgi Ekaristi Vigili Paskah di Kapel Hati Kudus Rumah Sakit Borromeus di Jl. Suryakencana.

Hasilnya tentu saja menyenangkan. Setidaknya menjadikan Ibadat Jumat Agung di Kapel Biara Ursulin St. Angela dan Ekaristi Malam Paskah di Kapel Hati Kudus RS Borromeus Bandung menjadi lebih haru dan sekaligus semarak.

Bicara tentang partisipasi Umat Katolik dalam ibadat liturgis gerejani, maka kelompok koor menjadi satu contoh bagaimana antusiasme itu diwujudnyatakan. Berupa latihan pemanasan sebelum akhirnya harus tampil “manggung” dekat altar atau di balkon gereja.

Terimakasih kepada semua kelompok koor yang telah mengiringi serial ibadat liturgis Trihari Suci yang saya ikuti di Kapel Biara Ursulin St. Angela Jl. Supratman, Kapel Hati Kudus RS Borromeus, dan Kapel Biara St. Angela Jl. Merdeka – semuanya di Kota Bandung.

Alleluia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here