Badai Ida Hantam Northeast Amerika: Wilayah Gelap Gulita, Korban Tewas 45 Lebih

0
79 views
Badai Ida by (Albawaba via AFP))

PANTAI Timur AS terguncang. Dalam menghadapi peningkatan jumlah korban tewas, gelombang sungai dan kerusakan karena badai tornado pada Kamis.

Ini terjadi sebagai dampak Badai Ida yang baru saja menghantam wilayah itu. Disertai hujan deras yang memecahkan rekor dan telah menenggelamkan lebih dari 40 orang di rumah dan mobil mereka.

Di wilayah yang telah diperingatkan tentang potensi banjir bandang mematikan tetapi tidak siap menghadapinya, badai itu menewaskan sedikitnya 46 orang dari Maryland ke Connecticut, Rabu malam dan Kamis pagi.

Sedikitnya 23 orang tewas di New Jersey, kata Gubernur Phil Murphy dari Partai Demokrat.

Sedikitnya 13 orang tewas di New York City, kata polisi.

11 di antaranya tewas di apartemen bawah tanah yang terendam banjir. Rumah jenis ini menjadi hunian yang relatif terjangkau di salah satu pasar perumahan paling mahal di negara itu.

Suburban Westchester County melapor tiga orang tewas.

Para pejabat mengatakan sedikitnya lima orang tewas di Pennsylvania, termasuk satu tewas tertimpa pohon tumbang dan satu lagi tenggelam di mobilnya setelah membantu isterinya melarikan diri.

Seorang sersan polisi negara bagian Connecticut, Brian Mohl, tewas setelah kapal penjelajahnya hanyut.

Kematian lain dilaporkan di Maryland.

Sophy Liu mengatakan dia mencoba menggunakan handuk dan kantong sampah untuk menghentikan air masuk ke apartemennya di lantai satu New York City, tetapi banjir naik ke dadanya hanya dalam waktu setengah jam.

Dia membangunkan puteranya dari tempat tidur, memasukkannya ke dalam jaket pelampung dan cincin renang tiup dan mencoba melarikan diri, tetapi pintunya macet.

Dia menelepon dua teman yang membantunya melepaskan toplesnya.

“Saya jelas takut, tetapi saya harus kuat untuk putera saya. Saya harus menenangkannya,” kenangnya pada Kamis (2/9) ketika pemeriksa medis mengeluarkan tiga mayat dari sebuah rumah di jalan Queens.

Di bagian lain Queens, air dengan cepat memenuhi apartemen lantai pertama Deborah Torres sampai ke lututnya, ketika pemiliknya dengan panik mendesak tetangganya di bawah – di antaranya seorang balita – untuk keluar, katanya. Tapi air masuk begitu deras, sehingga dia menduga mereka tidak bisa membuka pintu. Ketiga warga tersebut meninggal dunia.

“Saya tidak punya kata-kata,” katanya. “Bagaimana hal seperti ini bisa terjadi?”

Sisa-sisa dampak Badai Ida yang basah menyatu dengan badai dan membasahi koridor Interstate 95, kata ahli meteorologi.

Cuaca serupa telah mengikuti badai sebelumnya, tetapi para ahli mengatakan itu sedikit diperburuk oleh perubahan iklim – udara yang lebih hangat menahan lebih banyak hujan – dan pengaturan perkotaan, di mana trotoar yang luas mencegah air merembes ke tanah.

Pusat Badai Nasional telah memperingatkan sejak Selasa tentang potensi “banjir bandang yang signifikan dan mengancam jiwa” dan banjir sungai besar di wilayah Atlantik tengah dan New England.

Namun, Gubernur New York Kathy Hochul dan Walikota New York City Bill de Blasio mengatakan kekuatan badai mengejutkan mereka.

“Kami tidak tahu bahwa antara pukul 20:50 dan 21:50 tadi malam, bahwa langit benar-benar akan terbuka dan membawa kuantitas debit Air Terjun Niagara ke jalan-jalan di New York,” kata Hochul, seorang Demokrat yang menjadi gubernur pekan lalu setelah mantan Gubernur Andrew Cuomo mengundurkan diri.

De Blasio, juga seorang Demokrat, mengatakan dia mendapat ramalan hujan 3 hingga 6 inci (7,5 hingga 15 cm) pada hari Rabu.

Central Park kota akhirnya menjadi 3,15 inci hanya dalam satu jam, melampaui ketinggian satu jam sebelumnya 1,94 inci (5 cm) selama Badai Tropis Henri pada 21 Agustus.

Badai hari Rabu akhirnya menurunkan curah hujan lebih dari 9 inci (23 cm) di beberapa bagian New Jersey, Pennsylvania, Massachusetts, dan Rhode Island, dan hampir sama besarnya di Staten Island di Kota New York.

Di Washington, Presiden Joe Biden meyakinkan penduduk Timur Laut bahwa responden pertama federal berada di lapangan untuk membantu membersihkan.

Di New York, hampir 500 kendaraan terbengkalai di jalan raya yang banjir, sampah terombang-ambing di jalan-jalan yang mengalir dan air mengalir ke terowongan kereta bawah tanah kota, menjebak setidaknya 17 jadwal kereta api dan mengganggu layanan sepanjang hari.

Video online menunjukkan pengendara berdiri di kursi di mobil yang penuh sesak. Semua dievakuasi dengan aman, dengan polisi membantu 835 pengendara dan sejumlah orang di tempat lain, termasuk seorang pria berusia 94 tahun di jalan raya, kata Kepala Departemen Rodney Harrison.

Di salah satu pengembangan Queens, tetangga tidak berhasil selama satu jam berusaha menyelamatkan seorang wanita berusia 48 tahun setelah air menerobos pintu teras kaca apartemen bawah tanahnya, menjebaknya di air setinggi 6 kaki (2 meter).

“Dia berteriak, ‘Tolong saya, bantu saya, tolong saya!’ Kami semua datang membantunya, mencoba mengeluarkannya,” kata asisten pengawas gedung, Jayson Jordan, tetapi “dorongan airnya begitu kuat.”

Warga mengatakan, mereka telah mengeluh selama bertahun-tahun tentang banjir di jalan Queens lainnya, di mana seorang wanita dan putranya yang berusia 22 tahun meninggal di sebuah apartemen bawah tanah.

Suaminya dan putera pasangan itu selamat hanya karena mereka keluar untuk memindahkan mobil, kata tetangga sebelah Lisa Singh.
“Seharusnya tidak ada yang pergi dengan cara ini. Saya merasa ini 100% dapat dihindari,” katanya.

Polisi masih pergi dari pintu ke pintu di daerah banjir Kamis malam dan tidak memiliki jumlah pasti orang yang belum ditemukan, kata Harrison.

Di Elizabeth, New Jersey, hujan dan banjir sungai di sebuah kompleks apartemen menewaskan empat orang dan memaksa 600 orang mengungsi, kata Walikota J. Christian Bollwage.

Greg Turner, yang tinggal di tempat lain di utara kota New Jersey, mengatakan ibunya yang berusia 87 tahun mulai menelepon 911, ketika air mulai naik di apartemennya pada pukul 8 malam. Dia dan saudaranya tidak bisa sampai di sana karena banjir.

Saat tengah malam mendekat, air mencapai lehernya, katanya. Tim penyelamat akhirnya memotong lantai apartemen di atas dan menariknya ke tempat yang aman.

“Dia kehilangan segalanya,” kata Turner sambil menuju ke bank untuk mencari uang untuk membeli pakaian dan sepatu ibunya.

Di Milford Borough New Jersey, pihak berwenang mengatakan mereka menemukan mayat seorang pria di dalam mobil yang terkubur hingga kapnya di tanah dan bebatuan.

Dinas Cuaca Nasional mengatakan, badai ganas itu juga menyebabkan setidaknya 10 tornado dari Maryland ke Massachusetts, termasuk angin puting beliung dengan kecepatan 241 kilometer per jam yang menghancurkan rumah-rumah dan merobohkan silo di Mullica Hill, New Jersey, selatan Philadelphia.

“Itu baru saja masuk dan robek,” kata penduduk Jeanine Zubrzycki, 33, yang bersembunyi di ruang bawah tanahnya bersama ketiga anaknya saat rumah mereka bergetar dan lampu berkedip.

“Dan kemudian Anda hanya bisa mendengar orang menangis,” kata Zubrzycki, 33, yang rumahnya rusak tapi masih layak huni.

Rekam banjir di sepanjang Sungai Schuylkill di Pennsylvania menggenangi rumah, jalan raya, dan bangunan komersial, bahkan ketika ahli meteorologi memperingatkan bahwa sungai kemungkinan tidak akan mencapai puncaknya selama beberapa hari lagi.

Komunitas tepi sungai Manayunk sebagian besar masih terendam air.

Schuyilkill mencapai tingkat yang tidak terlihat dalam lebih dari 100 tahun di Philadelphia, di mana petugas pemadam kebakaran masih mendapat telepon tentang runtuhnya bangunan kecil dan orang-orang terjebak dalam mobil saat banjir Kamis pagi.

Pengelola kompleks apartemen 941 unit di dekat sungai memerintahkan warga untuk mengungsi, dengan alasan kondisi ‘memburuk’ setelah air mengalir ke garasi parkir dan area kolam.

Di pinggiran kota Bucks County, beberapa petugas pemadam kebakaran harus diselamatkan setelah air banjir menjepit perahu penyelamat ke dermaga jembatan, kata direktur manajemen darurat negara bagian Randy Padfield.

Yang lain tidak dapat menghindari banjir, termasuk Donald Bauer, yang sedang dalam perjalanan pulang ke Perkiomenville bersama istrinya setelah menghadiri pertandingan bola voli putri mereka di DeSales University, dekat Allentown.

SUV mereka terhenti di air dan melayang ke sebuah rumah, memecahkan kaca belakang, kata Darby Bauer, yang sedang menelepon orangtuanya ketika mesin mati. Donald Bauer membantu istrinya, Katherine, keluar dari jendela yang pecah dan mendesaknya untuk pergi, kata putera mereka.

Dia berpegangan pada pohon dan menyaksikan air yang naik membawa SUV itu menghilang dari pandangan, katanya. Dia diselamatkan sekitar satu jam kemudian dan dirawat di rumah sakit.
Donald Bauer, seorang pensiunan sopir bus sekolah berusia 65 tahun, “memiliki salah satu hati terbesar yang kami tahu,” kata putranya. “Dia tidak mementingkan diri sendiri sampai tindakan terakhirnya.”

Pihak berwenang menggunakan perahu untuk menyelamatkan orang-orang di berbagai tempat mulai dari North Kingstown, Rhode Island, hingga Frederick County, Maryland, di mana 10 anak dan seorang pengemudi ditarik dari bus sekolah.

Pada hari Minggu, Ida melanda Louisiana sebagai badai terkuat kelima yang pernah melanda daratan AS, menyebabkan 1 juta orang tanpa listrik, mungkin selama berminggu-minggu. **

PS: Artikel ini dikerjakan oleh Bobby Caina Calvan, David Porter dan Jennifer Peltz (Associated Press)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here