Bangga Jadi Pendamping PIA di Paroki St. Yoseph Purwokerto Timur

0
742 views

BERKAH Dalem,

“Aku senang jadi anak Katolik..Aku bangga jadi anak Katolik..aku bangga…aku bangga..” begitulah sepenggal lagu yang dinyanyikan oleh anak-anak bina iman Paroki St Yoseph Purwokerto Timur  pada hari Minggu, 1 Mei 2016.

Lagu ini dibawakan oleh para pendamping bina Iman dari Paroki Kumetiran Yogyakarta. Turut bergabung pula anak-anak bina iman Paroki St Agustinus Purbalingga.

Bertempat di aula paroki, sebanyak 100 anak dengan ditambah para pendamping dan sebagian orangtua, mendapat pendampingan sejak pkl. 09.00.

Pada kesempatan ini khusus dilakukan pembinaan setelah misa. Lain dari biasanya yang dilaksanakan bersamaan dengan misa. Bina iman ini menjadi ajang kesempatan belajar dari para pendamping PIA Paroki Kumetiran.

Anak-anak nan ceria mendapat sapaan “hallo anak-anak Tuhan, apa kabar” dan menjawab, “sehat, kuat dan bergembira.”

Berkali-kali gerak dan lagu selama sessi yang dinamakan KRK, mengiringi acara tersebut dan kemudian menjadi evaluasi bersama para pendamping.

Sejak kemarin, Sabtu 30 April para pendamping sudah mengalami belajar bersama. Berbagi pengalaman dan bahan ajar pendampingan menjadi sesi hari Sabtu sore tersebut.

Para pendamping PIA Paroki St Yoseph mendapatkan masukan tentang cara menggunakan KS sebagai bahan ajar bina iman. Disebutnya “jinggo”. Juga ada berbagai metode yang membutuhkan pertemuan rutin untuk menyusun bahan-bahan tersebut. Para pendamping ini akhirnya merasa bangga sebagai pendamping.

Ada yang telah terjun dalam pendampingan selama belasan tahun, ada yang baru 6 tahun dan ada yang masih seumur jagung. Di kalangan UMAKA dan OMK,  beberapa anak juga ikut terlibat dalam pembelajaran ini. Hanya ada keraguan, ketrampilan yang didapatkan tidak selamanya akan dapat digunakan, karena kebanyakan setelah lulus bangku kuliah akan pindah luar kota untuk alasan pekerjaan atau pindah tempat. Sedangkan untuk pendamping paroki sendiri ditantang untuk dapat menghadirkan tenaga-tenaga baru serta bahan-bahan yang segar untuk pendampingan PIA.

Acara yang diselenggarakan sejak Sabtu pkl. 16.30 ini berakhir Minggu siang pkl 14.00.

Semoga pada pendamping senang dan bangga menjalani pelayanannya.

In finem omnia

@g100%toro-berkah dalem

Kredit foto: Ilustrasi Bina Iman Anak di Paroki Sidareja (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here