Baru Pertama Kali, Mutasi Besar-besaran Imam di Keuskupan Atambua

0
379 views

Dalam masa kegembalaan Mgr. Dominikus Saku, Pr di Keuskupan Atambua, baru pertama kali mutasi para imam dalam jumlah besar. Perayaan misa pelantikan para Dekan dan perpindahan para imam di tempat tugas yang baru dipimpin oleh Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Atambua, Pater Vincentius Win, SVD, di Paroki Katedral Atambua, (Jumat, 17/2/2023).

Dalam misa ini dihadiri para Dekan dan Imam yang akan dimutasi serta para utusan Dewan Pastoral Paroki (DPP) dari setiap Paroki serta umat Paroki Katedral Atambua.

Pater Vincent dalam kotbahnya menekankan pentingnya pelayanan seorang imam dalam karya pastoral. Tinggalkan sikap mementingkan diri sendiri demi pelayanan kepada banyak orang. Baginya tugas seorang imam sangat mulia dan ini harus dihayati secara benar dalam bertugas.

Juga ia tegaskan agar berkerja bersama umat. Beri kepercayaan bagi awam dan kita jangan bekerja seorang diri. Mari dengar apa kata umat tentang karya pelayanan imam demi membangun Kerajaan Allah di dunia ini. Juga baginya perpindahan ini sebagai bagian dari pembaharuan semangat dalam melayani umat.

“Pengabdian kita di medan pastoral di mana kita bertugas sebagai bagian utuh ikut memikul salib bersama Tuhan Yesus. Kita berjuang untuk memikul salib bersama umat dan memberikan nyawa kita bagi umat yang dilayani,” kata Pater Vincent.

Ia mengatakan juga bahwa perpindahan ini pun sebagai bentuk ketaatan kepada atasan dan pengabdian di mana diutus dan hendaknya dilakukan dengan sukacita.

Mantan Pastor Paroki Katedral Atambua, juga Dekan Belu Utara, Romo Stefanus Boisala, Pr memaknai mutasi ini sebagai satu bentuk kepercayaan Bapak Uskup terhadap para imannya dalam mengemban tugas yang baru. Hal ini bagi Romo Stef sebagai satu bentuk penyegaran dalam pelayanan di mana seorang imam diutus untuk melayani.

“Ini satu kepercayaan dari Bapa Uskup untuk para imam untuk mengemban misi pelayanan. Dan terima kasih atas segala dukungan selama pelayanan pastoral di mana kami pernah bertugas dan semangat pelayanan kasih akan tetap melekat di hati kami di mana saja kami mengabdi,” tutur Romo Boisala.

DPP Paroki Katedral Atambua juga tokoh umat, Anton Tisera, yang hadir dalam perayaan ini mengharapkan agar tugas pelayanan untuk membangun Kerajaan Allah di dunia ini menjadi tujuan utama dalam pelayanan para imam Tuhan.

“Kami sebagai umat bangga karena para imam selalu diutus di mana saja pergi. Tugas utama yang tetap dipegang teguh adalah mari kita bersama membangun Kerajaan Allah di dunia ini. Proficiat atas pelantikan hari ini,” tuturnya.

Perayaan misa pelantikan para Dekan dan para Pastor Paroki ini dimeriahkan dengan lantunan suara merdu dari Paduan Suara Maranatha. Ada sesi foto bersama setelah misa berakhir dan santapan kekeluargaan dan penuh persaudaraan di kompleks Pastoral Katedral Atambua.

Juga diinformasikan bahwa para Dekan dan Pastor Paroki yang baru dilantik akan mulai bertugas sebelum hari Minggu pertama masa prapaskah tahun ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here