Berdiri di Hadapan Anak Manusia

0
153 views
Ilustrasi - Hari Akhir Zaman. (Ist)

ADA catatan menarik dari injil hari ini (Lukas 21:34-36). Bunyinya, “Berjaga-jagalah senantiasa, sambil berdoa, agar kalian mendapat kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi, dan agar kalian tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.” (Lukas 21:36).

Konteksnya adalah akhir zaman ketika semua mesti mempertanggungjawabkan hidupnya kepada Tuhan yang terjadi di hadapan Anak Manusia, yakni Yesus Kristus. Apa yang perlu manusia lakukan menghadapi saat itu?

Pertama, orang perlu berjaga-jags sambil berdoa. Selalu mempersiapkan diri dengan tidak mengikuti yang serba duniawi supaya hari Tuhan itu tidak tampak sebagai jerat (Lukas 21:34). Yang duniawi amat diperlukan selama hidup, tetapi tidak bisa diandalkan dalam memperoleh keselamatan abadi.

Kedua, memiliki kekuatan untuk lepas dari semua yang akan menimpa semua penduduk bumi (Lukas 21:35). Yesus telah memberitahukan tentang peristiwa itu (Lukas 21:10-11). Kekuatan untuk menghadapinya berasal dari doa, yakni relasi pribadi manusia dengan Tuhan.

Lebih dari itu, orang diajak setia kepada Tuhan dengan mewujudkan ajaran cinta kasih-Nya. Caranya dengan mewujudkan kesejahteraan bersama, khususnya dalam memperhatikan mereka yang kecil, lemah, dan miskin (Matius 25:40).

Sikap berjaga-jaga dalam doa itu bukan hanya untuk kepentingan diri sendiri, melainkan demi keselamatan seluruh umat manusia. Orang Kristen dipanggil untuk menyatukan hidupnya dengan Yesus yang datang ke dunia untuk menyelamatkan semua orang.

Dengan kata lain, seluruh hidupnya menjadi persiapan penting untuk menghadapi akhir hidup, ketika dia mesti mempertanggungjawabkannya di hadapan Anak Manusia.

Inilah catatan pentingnya. Yang dihayati selama hidup di dunia terkait erat dengan hidup abadi.

Mereka yang menjalani hidup dengan selalu menyadari kehadiran Tuhan tidak perlu takut atau terkejut ketika mesti berdiri di hadapan Anak Manusia pada akhir hidupnya. Dia sudah terbiasa dengan itu semua.

Apakah kita hidup secara demikian ataukah sarat dengan pesta pora dan kemabukan serta kepentingan duniawi (Lukas 21:34)?

Sabtu, 2 Desember 2023
Alherwanta O.Carm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here