Buku Baru “Rahasia Menjadi Yesuit: Tanggalkan Jas Berdasi demi Jubah” (1)

5
1,077 views
Buku baru “Rahasia Menjadi Yesuit: Tanggalkan Jas Berdasi demi Jubah” - kisah hidup dan pergolakan batin Pastor James "Jim" Martin SJ untuk menjadi Jesuit. (Yayasan Karsa Cipta Asa-YKCA)

KITA harus bahagia. Setiap orang berhak mencari apa yang dia sebut “bahagia” dan hidup bermakna itu bagi dirinya.

Satu sama lain bisa berbeda. Karenanya, kita mesti merancang dengan baik agar hidup ini punya makna bagi diri dan sesama.

Pengalaman sampai terbentur pada banyak hal dalam upaya mencari bahagia itu juga dialami Pastor James “Jim” Martin SJ.

Yesuit lulusan Wharton Business School

Jim Martin bisa jadi merupakan satu-satunya imam Jesuit yang lulus dan menjadi alumnus Wharton Business School of University of Pennsylvania – universitas yang sangat prestisius di Amerika karena ikut masuk jajaran Ivy League.

Dengan demikian pamor perguruan tinggi alma mater Jim Martin SJ yakni University of Pennsylvania ini juga mentereng; ikut sejajar dengan Cornell Univesity, Harvard University, Yale University, Princenton University, Columbia University, dan beberapa lagi lainnya.

Meski cemerlang secara intelektual, namun Jim malah mengalami hari-harinya tidak bahagia. Terjadi saat ia berkarier sebagai akuntan di General Electric – perusahaan super besar skala global.

Tinggalkan karier gemilang di General Electric

Kemudian, hidupnya berubah total. Usai terbuai tayangan TV tentang kisah “pertobatan” rahib Trappist Thomas Merton.

Sejak itu, Martin pun berujar, “Jangan-jangan dengan menjadi pastor, hidupku akan berubah bahagia dan lebih bermakna.”

Jim kemudian serius mengikuti “suara hatinya”. Berani tinggalkan karier gemilang, gaji besar, dan fasilitas hidup mewah di GE.

Selanjutnya, anak sulung dengan satu adik perempuan ini mulai “memeluk” model hidup baru; berjubah sebagai Jesuit.

“In Good Company”

Kisah hidup Pastor James Martin SJ dalam kisah panjang mencari bahagia dan makna hidup itu tersaji bagus di buku laris berjudul In Good Company.

Secara harafiah, judul buku di atas itu mengacu pada nama kelompok Jesuit atau Societas Iesu (SJ). Dengan siapa saja yang akhirnya Jim Martin SJ mengalami hidupnya bahagia dan lebih bermakna.

Karena, kini Jim Martin SJ telah berjubah dan menjalani status dan hidup baru sebagai pastor Jesuit. Sehari-harinya bersama hidup dalam persekutuan iman dan kesamaan spiritualitas di dalam Societas IesuIn Good Company– atau La Companie de Jesus.

Buku In Good Company ini terbit di Amerika tahun 2010 silam. Langsung menjadi bestseller menurut koran beken The New York Times.

Buku pertama karya Pastor James “Jim” Martin SJ tampil dengan judul “In Good Company” (2010). Buku pertama ini langsung menjadi best seller menurut harian beken The New York Times. Baru 21 tahun kemudian, buku apik ini muncul edisi versi bahasa Indonesia dengan judul “Rahasia Menjadi Yesuit: Tanggalkan Jas Berdasi demi Jubah” terbitan Yayasan Karsa Cipta Asa (YKCA). (Ist)

Barulah 21 tahun kemudian, buku apik ini berhasil kami bawa ke Indonesia. Dengan mengusung titel baru yakni Rahasia Menjadi Yesuit: Tinggalkan Jas Berdasi demi Jubah.

Judul bahasa Indonesia ini sengaja kami tampilkan, karena ingin merepresentasikan perjalanan hidup Pastor Jim Martin SJ yang menarik dan tentu saja juga sangat inspiratif.

Buku ini kiranya bisa memberi solusi bagi upaya kita mampu mengatur hidup, merencanakan masa depan agar mengalami rasa bahagia dan merasakan hidup ini jadi lebih bermakna.

Yang pertama dan kedua jadi bestseller

  • Buku In Good Company (2010) merupakan buku pertama karya Jim Martin SJ dan langsung menjadi bestseller.
  • Buku keduanya mengusung titel asli The Jesuit Guide to (Almost) Everything: A Spirituality for Real Life (2010). Juga telah menjadi bestseller versi koran The Times.
  • Di tahun 2017, buku kedua itu muncul edisi bahasa Indonesianya dengan titel: Spiritualias Yesuit dalam Keseharian.

Yayasan Karsa Cipta Asa

Buku baru dengan titel Rahasia Menjadi Yesuit: Berani Tanggalkan Jas Berdasi demi Jubah ini resmi muncul di pertengahan bulan Maret 2022.

Diterbitkan oleh Yayasan Karsa Cipta Asa sebagai pemegang lisensi terjemahan bahasa Indonesia dan hak edarnya di Indonesia.

Selamat membaca, mengatur hidup demi rasa bahagia dan hidup lebih bermakna.

Gratia supplet.

5 COMMENTS

    • Terima kasih pak infonya; buku edisi pertama terbit tahun 2000. Kami menerjemahkan buku edisi ulang tahun ke-10 tahun 2010. Edisi bahasa Indonesia terbit tahun 2022-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here