Buku Baru “Sejarah Misi Surabaya” Persembahan Kongregasi Misionis (CM)

0
186 views
Tampilan sampul depan buku Sejarah Misi Surabaya oleh Romo Armada Riyanto CM

SEJARAH Misi Surabaya adalah persembahan kasih 100 Tahun CM atau Kongregasi Misi Indonesia (1923-2023).

Buku sejarah ini difondasikan pada riset dokumenter-archivistik dari berbagai Archives terkait (Belanda, Perancis, Italia, dan Indonesia).

Buku dua jilid super tebal ini dengan segala kerendahan hati didedikasikan untuk seluruh umat Katolik di Keuskupan Surabaya.

Juga kepada para imam, biarawan-wati dan Bapak Uskup serta para konfrater, kepada siapa para misionaris CM telah mempersembahkan seluruh hidup dan cintanya untuk “membajak tanah”, menebarkan, dan menyemaikan benih benih iman Katolik sejak awal kedatangannya tahun 1923.

Buku ini berusaha mengenalkan para misionaris sekalian pergulatan pastoralnya dan menyajikan secara sistematis periodisasi panoramik setiap era (konteks misi Indonesia sebelum 1923 dan pergumulan sesudahnya di Prefektorat, Vikariat, dan Keuskupan Surabaya) dengan berbagai kisah dan narasi peristiwanya.

Buku “Sejarah Misi Surabaya”, persembahan Romo Armada Riyanto CM, Ketua STFT Widya Sasana Malang. (Kongregasi CM)

Buku ini juga sekaligus ungkapan rasa syukur dan terimakasih yang mendalam kepada para konfrater misionaris.

Jasa mereka begitu besar, sebesar “Gunung Himalaya” (ungkapan Kebijaksanaan Timur), yang karenanya tidak ada bentuk ucapan terimakasih apa pun yang mampu membalasnya, melampauinya.

Hanya Allah yang bisa membalas mereka. Kita mengenangnya, mewarisi kharismanya, dan berusaha melanjutkan- mengembangkannya dalam panggilan dan perutusan kita.

Saat ini dan di mana pun (nunc et ubique).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here