Home BERITA Doa Bersama Aparat Keamanan dan ASN Palembang untuk Pemilu 2024 Damai

Doa Bersama Aparat Keamanan dan ASN Palembang untuk Pemilu 2024 Damai

0
Jajaran aparat keamanan TNI, Polri, ASN di Palembang ikuti doa bersama dan ekaristi. Dengan intensi mohon agar Pemilu 2024 damai. (Ist)

SEBAGAI wujud kesiapan dalam mengamankan, menyukseskan, dan mendukung terselenggaranya Pemilu 2024 dengan lancar, aman dan kondusif di wilayah hukum Polda Sumatera Selatan, maka Kapolda Sumatera Selatan Irjenpol Albertus Rachmad Wibowo SIK menggelar doa bersama.

Dilakukan bersama segenap personil Katolik di lingkungan Kodam II Sriwijaya, Polda Sumsel, dengan umat Keuskupan Agung Palembang. Berlangsung hari Jumat 19 Januari 2024 di lantai 7 Gedung Utama Mapolda. Doa bersama dan ekaristi ini dipimpin oleh Romo Agustinus Riyanto SCJ bersama Romo Kino Pr dan Romo Gono Pratowo Pr.

Agustinus Riyanto SCJ selaku pastor pendamping TNI-Polri di Keuskupan Agung Palembang mengatakan, doa bersama ini mengambil tema ”Dengan Semangat Kerendahan Hati Menyambut Kelahiran Kristus guna Mewujudkan Pemilu Damai menuju Indonesia maju”.

Dalam homilinya, Romo Riyanto berpesan bahwa panggilan utama umat kristiani adalah menjadi murid Tuhan Yesus. Diutus untuk menghadirkan karya keselamatan Allah bagi semua umat manusia; tanpa memandang perbedaan melalui berbagai bidang karya dan kehidupan.

Dalam menyambut pesta demokrasi pemilu dan sebagai murid Yesus, kita semua umat kristiani turut bertanggungjawab. Untuk bersama-sama menjaga agar pemilu dapat berjalan lancar, tertib dan aman.

“Menjadi tugas utama kita sebagai anggota TNI, Polri, dan ASN menjaga agar pemilu tidak menjadi ajang perpecahan, kebencian serta permusuhan.Pemilu hanya lima tahun sekali. Tetapi menjadi murid Yesus adalah panggilan selamanya dengan tugas pengutusan menjaga baik adanya seluruh ciptaan,” kata Romo Riyanto SCJ.     

Kegiatan doa bersama ini dihadiri oleh unsur TNI, Polri, tokoh agama, pimpinan instansi dan juga sivitas akademia. Turut hadir di acara kegiatan doa bersama:

  • Kapolda Irjenpol Albertus Rachmad Wibowo beserta pejabat utama Polda Sumsel.
  • Kadispotdirga Lanud SMH Palembang Letkol (Pas) Catur Yanuar.
  • Kasatkom Lanal Palembang Lettu (P/W) Yulin.
  • Kabidkum Kanwil Kemenkumham Sumsel Ave Maria.
  • Pembina Yayasan Universitas MDP Alexander Kurniawan.
  • Utusan Bank BRI Cabang A Rivai.
  • Bank BTPN Palembang.
  • Sivitas Akademika Universitas MDP.
  • Anggota TNI-Polri.
  • ASN serta para purnawirawan Polri-TNI.
  • Umat Katolik Palembang.
Ekaristi dan doa bersama untuk Pemilu 2024 berlangsung lancar, aman, tertib, dan damai. Seruan ini digemakan oleh jajaran TNI-Polri bersama ASN dan umat Kota Palembang. (Ist)
Doa bersama bersama jajaran TNI-Polri dan ASN di Palembang untuk Pemilu 2024 aman dan damai. (Ist)

Kapolda Sumatera Selatan Irjenpol Albertus Rachmad Wibowo SIK melalui ketua pelaksana doa bersama Kombes Budi Santoso mengatakan, doa bersama ini bertujuan untuk mendukung terselenggaranya Pemilu 2024 berjalan aman dan damai di Bumi Sriwijaya.

“Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk ikhtiar kita semua kepada Tuhan Yang Mahakuasa. Memohon bersama, mendoakan agar dapat berlangsungnya proses pesta demokrasi ini berjalan dengan aman damai. Kita semua diberikan kesehatan dan keselamatan serta tetap terjaganya persatuan kesatuan masyarakat di Bumi Sriwijaya yang kita cintai ini,” ujar Budi Santoso.

Kombes Budi Santoso menghimbau seluruh masyarakat agar menjaga ketertiban bersama, tidak melanggar hukum atau aturan dan menjaga toleransi.

“Kami mengimbau agar masyarakat kita tetap menjaga ketertiban, patuhi aturan dan yang paling penting adalah menjaga toleransi di masyarakat. Kita bisa dan mampu mewujudkannya. Doa ini adalah upaya memohonkan harapan kita semua kepada Tuhan,” sambungnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version