Ekspresi Cinta

0
239 views
Ekspresi cinta

Bacaan 1: Yeh 47:1-2. 8-9. 12

Bacaan 2: 1Kor 3:9b-11. 16-17

Injil: Yoh 2:13-22

Dalamnya rasa cinta perlu diekspresikan agar orang yang dicintai paham. Ekspresi cinta bisa diwujudkan dalam berbagai bentuk tindakan (‘act of service’) dan tidak hanya sebatas perkataan saja.

Ekspresi yang demikian menunjukan bahwa kamu benar-benar mencintai pasanganmu.

“Act of Service” adalah merupakan bahasa cinta.

Tuhan Yesus tentu sangat paham bahwa para peziarah dari luar kota butuh membeli hewan kurban serta menukarkan uang asing mereka. Namun masalahnya transaksi itu dilakukan di pelataran doa yang diperuntukkan bagi orang-orang non Yahudi (gentiles).

Sehingga orang-orang luar kota itu kesulitan beribadah karena tidak ada lagi ruang serta bau hewan.

Tuhan menunjukkan “act of service”-Nya dengan cara memarahi para pedagang serta mengusirnya. Sebab Bait Allah adalah pusat ibadah dan kurban, tempat kehadiran Allah dan lambang yang terlihat dari kesetiaan-Nya, yang akan digantikan oleh kebangkitan-Nya.

“Act of Services”-Nya ini segera mengingatkan para murid akan ayat Mazmur 69:9, “sebab cinta untuk rumah-Mu menghanguskan aku…”

Tindakan Yesus itu akan mengantar pada pengadilan-Nya.

Tubuh orang beriman yang telah dibaptis juga merupakan Bait Allah, disitulah Roh Kudus bersemayam. Sehingga tubuh harus dijaga kekudusannya.

Rasul Paulus dalam nasihatnya kepada jemaat Korintus mengatakan,

“Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?

Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu.”

Bait Allah merupakan pusat kehidupan, hal ini tercermin dalam kisah pengalaman rohani Yehezkiel bersama utusan surgawi. Yehezkiel melihat ada air yang kemudian menjadi sungai muncul dari bawah ambang pintu Bait Suci dan mengalir menuju ke timur.

Di sepanjang tepi sungai banyak pohon, sebelah menyebelah sisinya dan berbuah setiap bulan. Buahnya menjadi makanan dan daunnya menjadi obat.

Ke mana saja sungai itu mengalir, segala makhluk hidup yang berkeriapan di sana akan hidup.

Ikan-ikan akan menjadi sangat banyak, sebab ke mana saja air itu sampai, air laut di situ menjadi tawar dan ke mana saja sungai itu mengalir, semuanya di sana hidup.

Pesan hari ini

Seberapa besar gairah cinta kasihmu telah diekspresikan kepada Tuhan?

“Tubuh bisa hidup dan kudus karena ia adalah “Bait Allah” tempat Roh Kudus bersemayam.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here