Film “Believer”, Informan Itu Ternyata Buronan Polisi

0
235 views
Film Korea Believer

MR LEE hidup bagaikan hantu. Ia hadir tak kasat mata. Namun, bisnisnya mengeruk dolar dari mafia dagang narkoba luar biasa besar. Merambat kemana-mana. Duit yang dihasilkannya juga milyaran.

Bisnis narkobanya adalah kokain yang harganya selangit. Konsumennya berjibun. Karena sosoknya misterius dan tak pernah kasat mata, banyak orang di lapis kedua bisnis kokain ini suka ngaku-ngaku diri sebagai Mr. Lee.

Tentu saja, sosok Mr. Lee ini selalu tampil eksentrik, garang, dan tak punya “hati” kalau sudah menyiksa lawan bisnis atau lainnya. Pokoknya, hukumnya harus mati. Tidak boleh ada pseudo Mr. Lee.

Apalagi, pasokan narkobanya jenis premium: kokain. Satu paket kokain dalam koper nilainya bisa milyaran.

Enigma ini menjadi tantangan serius bagi Letnan Won-ho, perwira reserse polisi yang kebagian tugas meringkus Mr. Lee. Sedikit kunci pembuka misteri ini datang dari sosok pemuda culun, klimis, inosen bernama Rak.

Dalam diamnya, Rak histeris karena anjing kesayangannya bernama Leica digorok orang. Juga kedua orangtuanya mati dibom oleh orang yang mengaku diri “Mr. Lee”.

Rak mau berpihak pada polisi dan menjadi informannya untuk melacak keberadaan Mr. Lee. Maka, baik Won-ho dan Rak akhirnya menyamar diri sebagai pedagang kokain yang ingin berbisnis dengan “Mr. Lee”.

2-3 orang “Mr. Lee” akhirnya muncul ke permukaan. Namun, di ujung kisah, mereka ini sebenarnya pseudo Mr. Lee saja. Yang orisinil belum muncul dan juga takkan pernah muncul.

Hingga sekali waktu, ketika sejumlah anak buahnya menjadi korban dalam serangan di sebuah “pabrik narkoba”, maka kecurigaan Won-ho pada Rak semakin memuncak. Apalagi, pseudo Mr. Lee yang dikenal sebagai “Bryan” ini mati sadis di tangan kakitangan Rak. Kedunyanya adala imigran dari China yang sama-sama bisu.

Di ujung kisah, menjadi jelas bahwa Mr. Lee yang bagaikan hantu ini tidak lain adalah Rak –remaja berwajah klimis dan super inosen.

Sosok Rak yang inosen, culun, dan inilah Mr. Lee yang paling orisinil.

Kematian Rak di tangan Won-hoo terjadi, setelah anjing yang selama ini “mati suri” menunjukkan reaksinya ketika dipanggil dengan sebutan “Leica” –nama sang anjing itu sendiri.

Believer (2018) ini film action Korea dengan kisah cerita yang rumit. Ini tak seperti film-film besutan Holywood.  Sedari awalnya,  sudah kelihatan mana merah dan mana putih. Believer bergerak di wilayah sangat abu-abu.

Orang-orang kejam yang bisnisnya narkoba dan suka mengaku diri Mr. Lee ternyata bukan “Mr. Lee Orisinil”. Yang paling asli justru ada di tangan polisi yakni informannya sendiri yang bernama Rak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here