Geliat Tampilan Anak-anak TK Kanisius Cempaka IV dan TK Kanisius Semanggi Surakarta

0
414 views
Geliat tampilan anak-anak TK Kanisius Cempaka IV Surakarta. (TK Kanisius Semanggi Surakarta)

SEJUMLAH anak, murid dari dua sekolah TK di jajaran Yayasan Kanisius Cabang Surakarta, berani unjuk kebolehan. Dalam bernyanyi dan bermain angklung di atas pentas di hadapan publik.

Mereka datang dari TK Kanisius Semanggi dan TK Kanisius Cempaka IV Serangan. Kedua sekolah ini ada di Kota Surakarta atau Solo.

Unjuk kebolehan bermain musik dan bernyanyi ini terjadi dalam rangka pesta seni dan umat menyongsong hari peringatan HUT ke-47 Gereja San Inigo Paroki Dirjodipuran Solo, Minggu 10 Desember 2023.

Mengembangkan iman dan talenta

Saat ini perhatian Gereja pada umat semakin ditingkatkan. Hal ini dilakukan dengan melaksanakan pelayanan secara berjenjang dan berkelanjutan  yang dikenal dengan Formatio Iman Berjenjang dan Berkelanjutan (FIBB).

FIBB dilakukan mulai dari Pendampingan Iman Usia Dini (PIUD), Pendampingan Iman Anak (PIA), Pendampingan  Iman Remaja (PIR), Pendampingan Iman Orang Muda (PIOM), Pendampingan Iman Orang Dewasa (PIOD) dan Pendampingan Iman Usia Lanjut (PIUL).

Tujuan utama Formasi Iman Berjenjang dan Berkelanjutan (FIBB) adalah pembentukan pribadi-pribadi Katolik yang beriman secara cerdas, tangguh, misioner, dan dialogis.

Tujuan ini ditopang oleh tri tugas pokok gerejawi, yaitu pengudusan (raja), pewartaan (nabi), dan penggembalaan (imam).

Harapannya, FIBB bermuara pada informasi (pengetahuan), formasi (pembentukan), dan transformasi (perubahan untuk lebih beriman agar tercapai kesempurnaan hidup kristiani).

Pendampingan masing-masing jenjang dalam pelayanan memerlukan pendalaman  materi, metode dan tujuan yang hendak dicapai.

Pembiasaan

Pendampingan iman berjenjang untuk jenjang PIA, PIR dan PIOM memerlukan pembiasan dengan mengajak anak-anak, remaja dan orang muda mengenal dan menemukan pengetahuan iman agar semakin menghayati hidup dan katolisitas yang bisa menjadi sarana untuk hidup bersama orang lain dalam lingkup keluarga, sekolah, lingkungan, wilayah, gereja dan masyarakat.

Keterlibatan anak-anak dalam kegiatan sekolah minggu, misdinar, lektor anak dan kegiatan sekitar altar lainnya menjadi bagian proses pembiasaan hidup menggereja.

Pendampingan melalui pengembangan bakat dan minat yang pada saat-saat tertentu  ditampilkam dalam acara-acara gereja menjadi suatu bagian proses yang ikut mengembangkan kepribadian anak.

Pentas di gereja

Pada Minggu, 10 Desember 2023 lalu anak-anak yang berasal dari TK Kanisius Semanggi dan TK Kanisius Cempaka Serengan diberi kesempatan mengisi acara pada acara Pentas Seni HUT ke-47 Gereja San Inigo Paroki Dirjodipuran Surakarta.

Mereka menampilkan tarian gerak dan lagu serta menampilkan ensamble musik angklung. Salah satu lagu yang ditampilkan lagu Bunga Nusa Indah.

Bagi anak-anak pengalaman pentas di gereja ini tentu memberi pengalaman yang berkesan bagi pengembangan dirinya ke depan. Selain membiasakan berkegiatan di gereja juga mengembangkan bakat talentanya.

Murid TK Kanisius Cempaka IV Surakarta bermain angklung di atas pentas. (TK Kanisius Semanggi Surakarta)
Aksi pentas gerak dan lagu dengan mantap disugukan oleh para murid TK Kanisius Semanggi Surakarta. (TK Kanisius Semanggi Surakarta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here