Gereja Katedral St. Maria Assumpta Ruteng, Saksi Limpah Cinta dan Hormat Umat pada Mgr. Hubertus Leteng

0
487 views
Uskup Keuskupan Ruteng Mgr. Siprianus Hormat menerima dengan hangat jenazah Mgr. Hubert Leteng di Keuskupan Ruteng, Senin malam tanggal 1 Agustus 2022. (Romo Ferry Sutrisna Widjaja Pr)

MALAM yang dingin di Ruteng. Tak kuasa menahan rasa cinta segenap umat Keuskupan Ruteng akan sosok almarhum Mgr. Hubertus Leteng (1959-2022).

Sampai berita ini kami rilis, ratusan dan mungkin ribuan umat Keuskupan Ruteng masih tetap datang mengalir masuk mendatangi Gereja Katedral Santa Maria Keuskupan Ruteng.

Sebelumnya, Uskup Keuskupan Ruteng Mgr. Siprianus Hormat secara resmi telah menerima dengan penuh kehangatan jenazah Mgr. Hubertus Leteng -pendahulunya sebagai prelatus Keuskupan Ruteng kurun waktu tahun 2009-2017.

Jenazah Uskup Emeritus Keuskupan Ruteng kurun waktu 2009-2017 Mgr. Hubertus Leteng disemayamkan di dalam Gereja Katedral Santa Maria Assumpta Ruteng, Flores, NTT, mulai Senin malam tanggal 1 Agustus 2022. (Romo Ferry Sutrisna Widjaja Pr/Keuskupan Bandung)
Ratusan dan mungkin ribuan umat Keuskupan Ruteng datang melayat almarhum Mgr. Hubertus Leteng (1959-2022). Mulai Senin malam tanggal 1 Agustus 2022, jenazahnya disemayamkan di Gereja Katedral Santa Maria Assumpta Ruteng. (Romo Ferry Sutrisna Widjaja Pr)

Sejumlah uskup memastikan datang

Menjawab Sesawi.Net dan Titch TV melalui sambungan telepon tripartit Senin malam ini, Pastor Paroki Gereja Katedral Ruteng Romo Geby Harim Pr menyatakan, segenap umat Keuskupan Ruteng menganggap almarhum Mgr. Hubertus Leteng sebagai saudara.

“Kami menyatakan ungkapan dukacita melalui tangisan haru dan hadirkan diri untuk ikut berkanjang dalam doa di dalam Gereja Katedral ini,” terang Romo Geby.

Sejumlah uskup memastikan akan datang melayat. Yang sudah memberikan konfirmasinya akan datang adalah Uskup Keuskupan Sorong Mgr. Datus Lega, Uskup Keuskupan Bandung Mgr. Anton Subianto OSC.

Juga Uskup Emeritus Keuskupan Bogor Mgr. Cosmas Michael Angkur OFM.

Karena akses penerbangan tidak bisa langsung, maka bahkan para uskup se Nusra pun harus “keluar” dari Flores dulu untuk bisa segera sampai di Labuan Bajo.

“Bisa dari Kupang atau dari Denpasar, baru kemudian bisa melakukan penerbangan langsung ke Labuan Bajo dan kemudian diteruskan dengan perjalanan darat dari Labuan Bajo menuju Ruteng,” terang Romo Geby.

Selasa besok, demikian Romo Geby Harim kepada Sesawi.Net dan Titch TV Senin malam ini, jenazah Mgr. Hubertus Leteng untuk sejenak akan disemayamkan di rumah keluarga di Taga.

Romo Geby Harim Pr bersama sejumlah anggota keluarga dan kerabat almarhum Mgr. Hubertus Leteng. (Romo Ferry Sutrisna Widjaja Pr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here