Give Back Sale: Saling Berbagi, Saling Melindungi Sesama Perempuan

0
128 views
Give Back Sale.

INDONESIA untuk Kemanusiaan (IKa), Organisasi Sumber Daya Masyarakat Sipil (OSMS) mempersembahkan Give Back Sale (GBS).

Ini merupakan kegiatan penggalangan dana publik untuk program Pundi Perempuan.

Sejak tahun 2003, Pundi Perempuan secara rutin menyalurkan dana yang diperoleh setiap tahunnya kepada lembaga pengada layanan atau women’s crisis centre (WCC).

Acara GBS  akan berlangsung selama tiga hari 6–8 Juli 2023 berlokasi di Cikini No 43 Menteng Jakarta Pusat.

Berdasarkan Catatan Tahunan (CATAHU) Komnas Perempuan tahun 2022 dan 2023, tercatat lebih dari 400.000 kasus kekerasan berbasis gender.

Tingginya angka korban kekerasan tersebut menambah juga kebutuhan lembaga pengada layanan atau Women’s Crisis Centers (WCC) dalam melayani perempuan korban kekerasan.

Program tahunan

Dalam rangka upaya meringankan beban proses pendampingan hukum maupun pemulihan psikososial, dan secara psikologis perempuan korban merasa dikuatkan.

Oleh karenanya IKa dan Komnas Perempuan melaksanakan kembali GBS sebagai event tahunan penggalanan dana publik.

Salah seorang pendukung Pundi Perempuan Sekar Pireno KS mengatakan demikian.

”Penggalangan dana publik melalui GBS merupakan salah satu cara untuk terus menyuarakan keadilan bagi perempuan yang terdampak kasus kekerasan berbasis gender, dan kegiatan ini perlu didukung oleh seluruh lapisan masyarakat”.

Ia menambahi berikut.

“Keberadaan Give Back Sale menjadi salah satu strategi penggalangan sumber daya publik, tidak hanya dari segi dana, tetapi juga secara tidak langsung berkontribusi pada lingkungan hidup dengan cara menggunakan kembali barang-barang kesayangannya yang sudah tidak terpakai (preloved), tidak perlu beli baru”.

Dua kali dalam setahun

Setiap tahun, GBS dilaksanakan dua kali. Donatur barang berasal dari berbagai lapisan masyarakat yang ingin berdonasi kepada Pundi Perempuan melalui barang.

Pembelinya pun datang dari berbagai komponen masyarakat mulai dari pelajar, mahasiswa, umum, karyawan dll yang menyadari bahwa dengan berbelanja mereka telah mendukung Pundi Perempuan.

Yuk belanja barang-barang preloved yang bernilai tinggi dengan kuratorial yang profesional di bidangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here